Jumat Biasa IV, 5 Februari 2010

Jumat Biasa IV, 5 Februari 2010

Sir 47: 2-11 + Mzm 18 + Mrk 6: 14-29

· Yohanes Pembaptis memang orang hebat. Banyak orang terkenang akan penampilannya, termasuk raja Herodes sendiri. Sepertinya penampilan Yesus 'tertutup' oleh kehebatan Yohanes Pembaptis, segala yang dimiliki Yesus sepertinya hanya peninggalan dari Yohanes Pembaptis, sebab "kuasa-kuasa itu bekerja di dalam Dia". Itulah komentar Herodes tentang Yesus yang dikaitkan dengan Yohanes Pembaptis.

· Bila kita runtut perikop tadi, Herodes amat teringat akan Yohanes karena dia telah membunuh Yohanes Pembaptis berkaitan dengan ulangtahun puterinya yang tampil menari dan menarik hatinya. Ada perasaan bersalah dan berdosa dalam diri Herodes karena peristiwa pembunuhan itu. Salah dan dosa menutup mata hatinya untuk melihat Yesus secara tepat dan benar.

· Apakah Yesus merasa direndahkan bila seseorang atau kita melihat dengan tidak tepat, seperti yang dikatakan oleh Herodes tadi? Tidak! Kiranya bersalahlah kita, kalau kita merasa Yesus direndahkan, contoh soal dengan yang dikatakan oleh Herodes; karena lebih dari itu, Yesus sudah merendahkan diriNya, secara sengaja Dia mau, menjadi manusia sama dengan kita, kecuali tanpa dosa. Kita tidak dapat menikmati Yesus dan keselamatanNya bila kita tidak melihat Yesus secara tepat, karena memang Dia adalah Tuhan, Dia melebihi Yohanes Pembaptis, Dia melebihi semua orang yang memang mereka semua adalah ciptaanNya. Melihat Yesus secara tepat dan benar berarti melihat dan mengakui Dia yang adalah Tuhan yang menjadi manusia.

· Injil hari ini mengajak kita untuk melihat Tuhan Yesus secara tepat dan benar. Caranya adalah bukan dengan mengikuti pikiran dan budi kita, melainkan dengan cara dan kehadiranNya sendiri, Ia bersabda dan bersabda; mendengarkan Dia dan melaksanakan kehendakNya berarti kita mengikuti arahanNya untuk semakin mengenal Dia dengan tepat dan benar.

· Ya Yesus, kuasailah kami dengan Roh KudusMu, agar kami mampu memilah dengan benar apa yang menjadi kehendakMu bagi kami, agar kami tidak terkurung dengan pikiran kami sendiri yang memang sangat terbatas dan jauh daripadaMu. Yesus, berkatilah kami selalu, amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening