Kamis Prapaskah I, 25 Februari 2010

Est 4: 10-19 + Mzm 138 + Mat 7: 7-12

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan". Janji Yesus kepada umatNya. Yesus membuka peluang selebar-lebarnya untuk setiap orang yang berani datang dan memohon kepadaNya. Suatu tawaran kepada setiap orang untuk berani meminta dan meminta.

Titik tolaknya adalah kepercayaan bahwa Tuhan Allah Bapa itu baik. Allah itu baik kepada semua orang. "Jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya". Kasih Allah hendaknya menjadi pedoman bagi setiap orang yang mau datang kepadaNya. Karena Allah Bapa itu baik, maka saya akan bermohon dan bermohon.

Pengalaman Ester dalam bacaan pertama juga demikian. Ia percaya bahwa Allah itu baik. "Tolonglah aku yang seorang diri ini. Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau. Sejak kecil telah kudengar dalam keluarga bapaku, bahwa Engkau ya Tuhan telah memilih Israel dari antara segala bangsa menjadi milik abadi bagiMu. Selamatkanlah kami dengan tanganMu, dan tolonglah aku yang seorang diri ini, yang tidak mempunyai seorang penolong, selain Engkau ya Tuhan". Ester percaya dan percaya kepada Tuhan Allah, maka hanya kepada Dialah, dia berharap dan bermohon.

Yesus memang tidak berbicara tentang kapan dan bagaimana sebuah permohonan itu dikabulkan, Yesus hanya memberi kepastian bahwa barangsiapa berani meminta, ia akan mendapatkan, barangsiapa mengetuk maka pintu akan dikabulkan. Kiranya yang harus kita pegang dan kita yakini adalah Tuhan pasti mengabulkan doa-doa kita, karena memang Dia adalah Tuhan yang berbelaskasih. Keyakinan akan Tuhan yang Mahamurah dan selalu memperhatikan umatNya akan memberi jaminan dan kelegaan dalam setiap doa-doa kita. Yesus tidak bisa mengingkari janjiNya. 'Doa orang benar akan selalu didengarkan'.

Ya Tuhan Yesus, Engkau meneguhkan kami bahwa setiap doa kami, Engkau akan mengabulkannya. Kami mohon kepadaMu, teguhkanlah kami agar kami berani bermohon dan bermohon kepadaMu, bukan dengan memikirkan hasil terkabulnya doa kami, karena Engkau telah memberi jaminan akan setiap doa kami. Tuhan, buatlah kami setia berdoa, amin.

Santa Monika, ajarilah dan bantulah kami agar kami setia dalam berdoa kepada Bapa di surge. Santa Monika doakanlah kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening