Sabtu Biasa IV, 6 Februari 2010

1Raj 3: 4-13 + Mzm 119 + Mrk 6: 30-34

· "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" itulah kata Yesus kepada para muridNya yang telah bekerja. Mereka diajak untuk beristirahat setelah bekerja, dan memang layak orang beristirahat untuk memulihkan diri. Selain menenangkan fisik, istirahat juga menenangkan jiwa, sebab jiwa menjadi motor dalam aneka kegiatan. Maka Yesus mengajak ke tempat yang sunyi agar mereka sungguh-sungguh menikmati istirahat yang nyaman, terlebih-lebih lagi istirahat 'bersama Dia' yang lebih memberi kedamaian dan ketenangan jiwa.

· Namun "ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka". Kemauan baik orang-orang untuk mendengarkan Dia mengubah acara dan kemauan Yesus. Ini sangat baik untuk kita pahami bersama: hendaknya kita mempunyai kemauan baik, karena akan mendapatkan perhatian dari Tuhan. Kemauan baik mendatangkan belaskasih yang amat besar; kemauan baik membuktikan seseorang sungguh-sungguh membutuhkan Tuhan.

· Pengalaman Salomo dalam bacaan pertama juga demikian: ia berkemauan baik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih berharga daripada lainnya, yang 'sepertinya' tidak diperkirakan oleh Tuhan sendiri. "Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum, maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau. Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorang pun seperti engkau di antara raja-raja".

· Ya Tuhan Yesus yang berbelaskasih, semoga Engkau memperhatikan kami, dan ajarilah kami setia dalam berkehendakbaik dalam setiap langkah hidup kami. Tuhan, limpahkanlaha rahmat kebijaksanaanMu juga bagi para pemimpin kami, agar mereka dapat mengantar kami menuju 'padang rumput yang hijau'. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening