Senin Biasa I, 11 Januari 2010

1Sam 1: 1-8 + Mzm 115 + Mark 1: 14-20

· “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu”. Itulah pewartaan Yohanes Pembaptis, ia mengajak orang-orang untuk bertobat. Kini “sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”. Yesus melanjutkan karya pertobatan yang disampaikan Yohanes, tetapi Yesus menambahkan karya pewartaan Injil, karya keselamatan yang ‘tidak mampu’ dilaksanakan oleh Yohanes.

· Karya pewartaan Injil baru diwartakan oleh Yesus, karena memang Dialah yang membawa keselamatan, Dialah Sabda kehidupan bagi umat manusia. Dialah penentu kehidupan bagi semua orang yang berkenan kepadaNya. Dan hal itulah yang dimulaiNya sekarang dengan tampilNya Dia di Galilea. Ia mewartakan dan mewartakan sabdaNya. Bahkan Yesus mengajak beberapa orang untuk ikutserta dalam karya pewartaanNya dengan menjadi ‘penjala manusia’.

· Kitapun adalah orang-orang yang percaya kepada Kristus. Kita mohon kepadaNya agar kita semakin hari semakin percaya kepadaNya karena hanya Yesuslah yang menentukan keselamatan, Yesuslah pewarta kehidupan. Ia mengundang dan mengundang orang untuk menikmati KerajaanNya. Berpasrah diri seperti keempat muridNya dalam mengikuti Dia seharusnya menjadi model. Ada banyak keperluan dalam hidup ini, tetapi mengikuti Yesus harus menjadi kebutuhan pertama dalam hidup, seperti yang dilakukan Yohanes dan Yakobus yang meninggalkan orangtuanya seorang diri bekerja.

· Ya Yesus, berkatilah kami selalu agar kami boleh terus-menerus mengikuti Engkau, bantulah kami yang sering jatuh dalam kepentingan kami sendiri. Yesus, kami lemah. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening