Senin Biasa VI, 15 Februari 2010

Yak 1: 1-11 + Mzm 119 + Mrk 8: 11-13

· Datanglah orang-orang Farisi 'untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga'. Entah kenapa orang-orang Farisi itu di manapun mereka berada mereka selalu menantang dan menantang Yesus. Kehadiran Yesus yang tampil beda dari mereka, mendatangkan tantangan dan perlawanan bagi Yesus. Alasan pokok perlawanan mereka kiranya karena ketidakpercayaan mereka kepada Yesus yang membawa nuansa baru dalam hidup social dan religious pada waktu itu.

· "Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda'. Ketidakpercayaan mereka tidak mendatangkan berkat, ketidakpercayaan mereka menghalangi terjadinya komunikasi.

· Kalau kita semua adalah orang yang percaya kepadaNya, tapi tidak jarang hidup kita ini seperti tanah yang berbatu-batu atau penuh dengan semak belukar. Kita adalah orang-orng yang percaya, namun kepercayaan kita belum sebesar biji sesawi. Kita berharap dan terus berusaha agar iman kita tumbuh dan berkembang, sehingga kita mampu berserah diri dengan sepenuh hati kepadaNya. Dalam bacaan pertama santo Yakobus juga mengingatkan kita dalam persoalan ini, katanya 'hendaklah kita meminta dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya'.

· Ya Tuhan Yesus, seringkali menduahati dan bimbang dalam percaya kepadaMu, terlebih dalam menghadapi kenyataan yang sulit dan menantang kami. Yesus, kuatkanlah iman kami kepadaMu, buatlah kami berharap dan berharap kepadaMu. Yesus tambahkanlah iman kami kepadaMu, amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening