Rabu dalam Pekan Suci, 31 Maret 2010

Yes 50: 4-9  +  Mzm 69  +  Mat 26: 14-25

 

Apa yang dikatakan Yohanes dalam Injilnya di hari Senin kemarin tentang Yudas Iskariot yang mata duitan memang sungguh benar. Injil hari ini menerangkan: Yudas mencari uang dengan menjual sang Gurunya, ia berkata kepada imam-imam kepala bangsa Yahudi : "apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?". Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya, sebesar harga minyak narwastu yang dipakai Maria untuk mengusapi kaki Yesus.

Apakah hanya motif ekonomis Yudas menjual Gurunya? Apakah dia mengalami kesulitan ekonomi selama mengikuti Yesus? Dan yang paling hina: harga seorang Mesias Utusan Allah hanya tiga puluh uang perak, 'peng-harga-an' ini amat meremehkan dan menghina kehadiran dan peran guru pada waktu itu. Dia memang datang untuk mengosongkan diri tanpa harga!

Yesus tetap menerima kehadiran Yudas dan bahkan mempersilahkan dia untuk melakukan kemauannya. Yesus tidak menolaknya ketika mereka semua makan bersama, Ia malahan memberitahukan kepada para muridNya yang lain siapakah dia, dan tetap mengingatkan bahwa celakalah orang yang berani melawan dan menolakNya. KataNya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku. Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku. Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan".

Akhirnya, seperti yang kita renungkan Minggu kemarin bahwa Yesus itu Mahatahu dan kuasa, sekarang menampakkan diriNya kembali ketika para muridNya menanyakan "di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?", dengan mengatakan: "pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku". Yesus mengetahui dan menguasai segalanya secara detail.

Ya Yesus, bantulah kami agar iman yang semakin hari semakin tumbuh dan subur, semoga kami dapat mengalahkan kepentingan semak belukar yang sering tumbuh di sekitar kami. Yesus, tambahkanlah iman kami kepadaMu agar semakin berani berserah kepadaMu, amin.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening