Jumat Paskah IV, 30 April 2010

Kis 13: 26-33  +  Mzm 2  +  Yoh 14: 1-6

 

Beberapa hari ini kita mendengarkan Injil yang meminta kita untuk percaya dan percaya kepada Yesus sang Penyelamat, Kristus yang telah bangkit, sebab barangsiapa percaya kepadaNya akan beroleh hidup kekal. Hari ini ini Yesus kembali menegaskan: "percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku". Dan barangsiapa percaya kepadaNya, ia akan tinggal selalu bersama denganNya, yakni dalam hidup kekal. SabdaNya: "di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada".

Tinggal bersama Dia itu bagaikan tinggal di rumah yang mempunyai banyak tempat tinggalnya. Apakah memang semacam itu surge yang kita bayangkan? Tidak penting bagaimana wujud dan bentuknya! Entah bagaikan taman Eden, atau bagaikan rumah yang mempunyai banyak tempat tinggal, atau bahkan bagaikan situasi di mana 'makan minum terjamin dan tiada henti', itu semua tidaklah penting. Yang jelas, surge itu sungguh-sungguh menyenangkan! Tuhan Allah akan atur!

Tempat itu sungguh menyenangkan, karena di situlah Dia berada, dan semua orang diundangNya, 'supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada'. Namun bagaimana sampai ke tempat itu? Itulah yang kiranya menjadi pemikiran spontan Tomas, maka dia bertanya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?". Jawab Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku". Amat-amat jelas pernyataan Yesus ini. Dia meminta dan meminta  kepada semua orang supaya percaya kepadaNya karena memang Dialah satu-satunya jalan menuju kepada Bapa di surge!

Kita yang sudah percaya kepada Yesus, baiklah kita memohon rahmat kelimpahan iman kepadaNya, sebab iman kepercayaan kita akan menghantar kita ke rumah Bapa, tempat di mana Dia tinggal. Dan amat baiklah, keselamatan itu juga kita bagikan kepada semua orang, supaya 'bukan saya saja yang menikmatiNya, tetapi kita semua' menjadi prinsip hidup kita bersama; bukan bersama hidup sekarang ini saja, tetapi juga kelak bersama di surge. Kita tiru keberanian para murid yang berkata: "kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini"; kita tiru dan teladani, tetapi kita terjemahkan dalam bahasa sehari-hari kita masing-masing.

Ya Tuhan, tumbuhkembangkanlah iman kami, semoga kami semakin hari semakin setia di jalan yang telah Engkau tunjukkan kepada kami, dan semoga semua orang juga berani berpaling dan mengikuti jalan yang Engkau telah tunjukkan, amin.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening