Rabu Paskah III, 21 April 2010

Kis 8: 1-8  +  Mzm 66  +  Yoh 6: 35-40

 

"Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku". Pernyataan Yesus ini menegaskan kepada kita semua bahwa kedatanganNya membawa misi, tugas perutusan, yakni sebuah tugas perutusan yang diberikan Dia Bapa yang mengutusNya. Ada maksud tertentu kedatanganNya ke dunia.

Apakah kehendak Dia yang mengutusNya?

"Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman". Siapakah yang dimaksudkan dengan 'semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku'?  Mereka adalah semua makhluk ciptaanNya, karena memang segala sesuatu diciptakan 'dalam Dia dan untuk Dia'. Semua mereka 'janganlah ada yang hilang' artinya semua yang diciptakan tetap ada dalam Dia, supaya mereka itu ada bersama dengan Dia di manapun Dia berada; dan semuanya itu akan terjadi pada  akhir jaman, sebab mereka semua akan "Kubangkitkan pada akhir zaman", dan pada waktu itulah Anak Manusia akan menyatakan diri dan kita akan melihat Dia dalam keadaan sebenarnya.

Semuanya itu terjadi bila orang dengan kehendak bebasnya datang kepadaNya; kembali Yesus mengulang penyataanNya tadi dengan berkata: "inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman". Kepercayaan mendatangkan keselamatan.

Hari-hari ini, kita Gereja umat Allah diingatkan dan diingatkan supaya semakin hari semakin percaya kepada Dia sang kehidupan, sebab kepercayaan itu tinggi harga dan nilainya. Kepercayaan seseorang menentukan hidup orang tersebut, bukan makanan, bukan harta benda dan bukannya kesehatan; yang menentukan seseorang selamat hidupnya adalah kepercayaan.  Peristiwa "Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara" sebagaimana dikatakan dalam bacaan pertama memang tidak akan terjadi lagi, apalagi dengan gema hak azasi manusia yang semakin semarak, namun peristiwa-peristiwa semacam itu, bernada seperti tindakan Saulus dan berwarnakan penyeretan akan terus terdengar dan terdengar, sebab kepongahan dan egosime individual akan terus ada selama ada kehidupan di dunia ini.

Ya Yesus, semoga kepercayaan akan Engkau semakin hari semakin tersebar ke semua daerah dan wilayah, sehingga semakin banyaklah orang yang percaya kepadaMu dan beroleh keselamatan. Tuhan Yesus, kuatkan dan teguhkanlah saudara-saudari kami yang setia berkarya dalam karya pewartaan dan kerasulan, terlebih mereka yang berkarya di daerah-daerah pedalaman yang jauh dari keramaian. Semoga Engkau sendiri menjadi kekuatan dan penghiburan mereka, amin.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening