Jumat Paskah VII, 21 Mei 2010

Kis 25: 13-21  +  Mzm 103  +  Yoh 21: 15-19

 

Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?". Pertanyaan serupa diungkapkan sampai tiga kali berturut-turut.  Petrus sedih, dan jengkel tentunya. Mengapa sampai tiga kali? Pengulangan ini tentunya menunjukkan bahwa Yesus tahu dan mengenal sungguh-sungguh siapa yang diajakNya bicara itu. Yesus mengenal bagaimana kharakter Petrus dengan segala kejujuran yang dimilikinya. Pengulangan ini juga menunjukkan betapa besar kemauan Yesus agar para muridNya ikutserta dalam karya pelayanan, "gembalakanlah domba-domba-Ku". Karya penggembalaan adalah pelanjutan karya penyelamatan yang telah diawali Yesus sendiri.

Kapan selesai? Sampai akhir jaman tentunya, ketika Yesus sendiri datang untuk kedua kalinya dan menyatakan diriNya. Karya penyelamatan tidak dimakan usia seseorang atau jaman tertentu. Karya penyelamatan mengarah pada kedatanganNya kembali yang membawa mahkota keabadian dan menjemput semua orang yang berkenan kepadaNya, agar mereka semua berada di mana Dia berada.

Karya yang tidak berakhir itu pada usia seseorang namun tetap berjalan sepanjang masa mengandaikan karya itu melekat terus pada diri setiap orang sampai akhir hidupnya; tidak ada istilah berhenti dalam ikutserta karya penyelamatan. Yesus menyatakan kepada Petrus: "Aku berkata kepadamu: sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki". Memang benar penyataan itu terarah kepada Simon Petrus: "hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah", tetapi kiranya berlaku juga bagi setiap orang. Sekali lagi, karya penyelamatan tidak dibatasi usia seseorang, berlanjut terus sampai akhir jaman. Maka penyataan 'engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki' berarti pemanggulan salib kehidupan akan terus berlangsung sampai akhir hidup seseorang. Memanggul salib dan mengikuti Dia sang Kehidupan tidak berhenti pada dimakannya usia seseorang. 'Mengulurkan tangan dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki' adalah kenyataan salib kehidupan bagi semua orang yang menjelang dan masuk dalam usia senja.

Perjuangan Paulus yang diceritakan dalam bacaan pertama menyatakan Yesus hidup tidak berhenti pada sebuah komunitas local di mana dia berada, dia naik banding guna menegaskan bahwa Yesus hidup. Usaha Paulus ingin mewujudkan bahwa keselamatan itu harus diwartakan ke seluruh dunia. Paulus berjuang dan berjuang, tiada henti karena situasi guna menyatakan imannya.

Ya Yesus, Engkau memanggil kami dalam karya penyelamatanMu kepada dunia. Teguhkanlah hati kami agar kami kedapatan setia sampai akhir hidup kami dalam mewartakan Kristus. Demikian juga, khususnya bagi saudara-saudari kami yang telah berusia, semoga Engkau melimpahkan penghiburan dan sukacita agar mereka siap menerima kenyataan hidup yang seringkali menuntut mereka ke tempat yang tidak mereka kehendaki. Yesus, terangilah mereka selalu dengan Roh sukacita dan damai, amin.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening