Jumat Oktaf Natal, Akhir Tahun

31 Desember 2010

1 Yoh 2: 18-21  +  Mzm 96  +  Yoh 1: 1-18

 

 

Lectio :

Injil mengingatkan kepada kita bahwa Yesuslah Firman yang menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Keyakinan kita kepadaNya akan mendapatkan anugerah mulia yakni sebagai anak-anak Allah. Namun begitu, bacaan pertama menegaskan agar kita berani setia dan setia akan firmanNya, dan tidak mencari kepuasan diri, mengingat kristus-kristus palsu akan muncul dan meninabobokan kita.

 

Meditatio :

'Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang anti-kristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak anti-kristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir'.

Begitulah kiranya bacaan pertama tadi yang mengingatkan akan munculnya orang-orang anti-Kristus. Munculnya mereka merupakan tanda bahwa sekarang ini adalah waktu yang terakhir. Jelas kali pernyataan ini, sekaranglah waktu yang terakhir! Apakah yang dimaksudkan adalah akhir tahun 2010 ini? Malam ini? Silahkan kita masing-masing yang menjawabnya.

Siapakah orang-orang anti-Kristus itu? 'Mereka memang berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita' tegas Yohanes; mereka ada di tengah-tengah kita, mereka adalah bagian dari komunitas kita, 'tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita'. 'Sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita, tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita'. Mereka itu sungguh-sungguh penipu!

Mereka ada bersama dengan kita, tetapi mereka itu dengan tegas dan terang-terangan 'melawan Kristus, mereka melawan Allah. Mereka itu menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Mereka itu adalah anti-kristus, yaitu mereka yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa' (Luk 2: 22-23).  Lebih lagi, mereka tampil dengan manis dan menawan, dan pewartaan mereka 'akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat' (2Tes 2: 9-10). Mereka adalah kristus-kristus palsu.

Namun, 'Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali' (2Tes 2: 8).

Bila demikian, sekarang ini mereka dibiarkan hidup dan berkembang? 'Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai' (Mat 13: 30), kata Yesus. Apakah memang demikian dimaksudkan, biarlah orang benar dan jahat, orang saleh dan berdosa dibiarkan hidup bersama? Inilah kiranya kesempatan yang selebar-lebarnya bagi setiap orang mengikuti dan ambil bagian dalam karya pemurnian atau karya penyelamatan, sebagaimana kita renungkan dalam hari Rabu kemarin. Hanya dengan 'menuruti FirmanNya', mereka akan layak hidup dan tinggal bersama dengan Dia, sang Kristus.

Kiranya perlu perhatian serius bagi saudara-saudari kita yang mudah terbuai pada aneka karunia mukjizat, karena sebagaimana dikatakan tadi  mereka kristus-kristus palsu itu mampu melakukan 'rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat'. Rasa manis mereka hanyalah seribu manis.

Di akhir tahun 2010,

baiklah kita melihat pengalaman kita minimal selama setahun ini. Apa yang kita cari dan apa yang kita gumuli secara serius selama satu tahun ini? Kristus sang Sumber Kehidupan yang kita cari dan kita utamakan dalam hidup kita; pernahkah kita sempat menomersatukan kepuasan diri, baik dalam hal inderawi atau rohani? Keberanian kita menjawab dengan jujur pertanyaan ini akan membantu langkah kita sendiri di hari-hari mendatang

'Aku menulis kepadamu', kata Yohanes dalam bacaan pertama tadi, 'bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahuinya', aku hanya mengingatkan dan mengingatkan kembali: hanya pada Kristus Tuhanlah, hendaknya kita berpaut. Hanya Kristuslah yang harus kita nomersatukan dalam hidup kita ini. Baik hidup atau mati, aku milik Kristus (Rom 14: 8), dan hanya kepada Dialah aku menyembah! Sebab Dia Allah yang menampakkan diri dan menjadi nyata di tengah kita, sebagaimana disabdakan dalam Injil hari ini:

Pada mulanya adalah Firman;

Firman itu bersama-sama dengan Allah

dan Firman itu adalah Allah.

Segala sesuatu dijadikan oleh Dia,

dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Firman itu telah menjadi manusia,

dan diam di antara kita,  sama seperti kita,

Yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging,

bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya.

Jujur, ada banyak kekurangan kita di tahun ini. Namun kita yakin dan berharap tahun 2011 harus lebih baik, sebab Tuhan Allah dalam Yesus Kristus telah mendampingi dan menyertai kita. Dia sungguh-sungguh Imanuel. Dia akan tetap mendampingi kita sampai akhir jaman (Mat 28: 20). Terpujilah Engkau untuk selama-lamanya.

 

Oratio :

Tuhan Yesus, kami bersyukur kepadaMu atas perlindungan dan kasihMu, atas perhatian dan cinta kasihMu. Kami mohon pengampunanMu juga karena tak jarang kami juga masih berani menoleh, bahkan mengikuti aneka kekuatan yang tidak berasal daripadaMu, kami hanya mencari kepuasan diri.

Yesus, kuasailah kami dengan Roh KudusMu, agar kami semakin berani mendengarkan sabdaMu, sebab Engkaulah Firman Allah yang hidup, Engkau yang ada di tengah-tengah kami. Amin.

 

Contemplatio :

Baik hidup atau mati, aku milik Kristus, dan hanya kepadaNyalah aku menyembah.

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening