Senin Masa Biasa V


7 Februari 2011
Kej 1: 1-19  +  Mzm 104  +  Mrk 6: 53-56
 
 
 
 
Lectio :
 
Yesus datang ke Genesaret dan banyak orang datang mengerumuniNya dan memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. Mereka yang sakit memohon diijinkan menjamah jumbai jubahNya saja, karena mereka yakin pasti sembuh.
 
Meditatio :
 
'Setibanya Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ, ketika mereka keluar dari perahu, banyak orang segera mengenal Yesus, dan berlari-larilah mereka mendekatiNya dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada'.
Kita dapat membayangkan betapa ramainya orang-orang datang dan mengerumuni Yesus; syukurlah bila mereka para murid mempersiapkan jalan bagi Yesus. Sebab dikatakan tadi, 'ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh'. Berebutan dan berdesak-desakan pasti terjadi pada waktu, namun akan lancar kalau para murid membuka jalan. Tentunya sedikit kali Yesus menyampaikan pengajaran karena berjubelnya orang-orang yang minta disembuhkan, sebaliknya kiranya banyak teriakan di sana-sini, agar Yesus mendekati mereka dan menyembuhkannya.
Yesus adalah seorang yang kharismatis. Kharismatis bukanlah dimaksudkan orang persekutuan doa kharismatik, melainkan seseorang yang mempunyai kekuatan dan daya ilahi, dia mempunyai talenta besar. Munculnya orang-orang semacam Dia memang membawa suatu gerakan yang kuat, dan dia mempunyai dan menarik banyak pengikut yang terpesona dan kagum terhadapNya, kiranya para penguasa keagamaan pada waktu juga dibuatnya gelisah dan keder dengan kehadiranNya. Namun baiklah kita kenakan ucapan Gamaliel: 'janganlah bertindak terhadap Dia ini. Biarkanlah Dia, sebab jika maksud dan perbuatanNya berasal dari manusia, tentu akan lenyap, tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkanNya; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah' (Kis 5: 38-39).
Karya penyembuhan memang selalu menarik hati banyak orang, banyak orang akan datang berduyun-duyun membawa orang sakit, walau mereka datang dari jauh, apakah hal ini disadari oleh Yesus? Bukankah Dia juga pernah pergi meninggalkan orang-orang yang meminta kesembuhan daripadaNya, karena Dia diutus bukan untuk menyembuhkan melainkan untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah? (Mrk 1: 38)
Kita semua bukanlah orang-orang yang datang berduyun-duyun, namun kiranya kehadiran Yesus yang dirindukan oleh banyak orang tadi juga mengingatkan dan meneguhkan kita bahwasannya Dia membuat segala-galanya baik adanya, orang yang sakit disembuhkanNya. Dan terlebih kita semua yang telah beroleh rahmat kematian dan kebangkitanNya, baiklah semakin kuat kita teguh dan percaya kepadaNya. Yesus, Engkaulah segala-galanya bagiku.
 
 
Oratio :
 
Yesus, sembuhkanlah orang-orang yang sampai hari ini harus berbaring karena sakit. Semoga Engkau meneguhkan dan menghibur mereka dengan belaian tanganMu yang penuh kasih, amin.
 
Contemplatio :
 
Yesus, Engkaulah segala-galanya bagiku.
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening