Senin Paskah V

30 Mei 2011
Kis 16: 11-15  +  Mzm 149  +  Yoh 15:26 – 16:4a
 
 
 
Lectio :
Sabda Yesus : "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
"Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."
 
 
Meditatio :
'Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku'.
Itulah tugas perutusan Roh Kudus yang hendak diutus Yesus setelah kepergianNya dari bumi. Roh Kebenaran itu akan bersaksi tentang Yesus, karena Dia berasal dari Bapa, dan Bapa sendiri ada dalam Putera, dan Putera ada dalam Bapa. Karena itulah apa yang disampaikan oleh Roh Kudus memberi kesaksian tentang Dia sang Putera. Inilah realitas Tritunggal Mahakudus. Dan inilah kiranya keterangan tentang Tritunggal Mahakudus itu.
'Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku', tegas Yesus kepada muridNya. Penyataan Yesus ini dimaksudkan untuk melibatkan para murid, kita semua terlibat dalam karya penyelamatan, karya perutusan trinitaris. Mereka diundang, bukan saja sebagai penikmat keselamatan, melainkan juga pembagi keselamatan kepada semua orang. 'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku', tegas Yesus. Dia memberitahukan segala yang akan terjadi pada diri muridNya, sebagaimana kita renungkan hari Sabtu kemarin, 'dunia akan membenci kamu, sebagaimana ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu'.
Kesaksian yang bagaimana?
Kesaksian itu harus diberikan ketika mereka 'dikucilkan, bahkan ketika mereka akan 'dibunuh'. Mereka harus membuat kesaksian karena para lawan 'menyangka bahwa dirinya berbuat bakti bagi Allah' dan 'tidak mengenal baik Bapa maupun Putera'. Mereka harus bersaksi karena tindakan para lawan itu salah dan keliru, bertentangan dengan kehendak Allah. Yesus mengingatkan semuanya ini, karena memang tantangan itu benar-benar akan terjadi. Ingat, dalam peristiwa akan kedatanganNya, Yesus pun mengaja meminta para muridNya untuk berjaga-jaga; demikian juga dalam kenyataan hidup pahit mereka pun diajak untuk berani berjaga-jaga. 'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'. Yesus memang seorang Guru yang bertanggungjawab.
 
Oratio :
Yesus Kristus, teguhkan iman kami agar kami siap sedia bersaksi tentang Engkau. Kami pun ingat akan sabdaMu: barangsiapa enggan mengakui Engkau di depan umum, Engkau pun  juga enggan mengakui kami di hadapan Bapa.
Yesus, tambahkanlah keberanian iman kami. Amin.
 
Contemplatio :
Jadikanlah kami saksi-saksiMu ya Yesus.
 
 
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening