Sabtu dalam Pekan XXVIII

8 Oktober 2011
Yl 3: 12-17  dan  Luk 11: 27-28



Lectio:
 
Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau."
Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."
 
 
 
Meditatio:
 
'Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya'.
 
Inilah jawaban Yesus yang memberikan kepastian siapakah orang yang berbahagia dalam  hidupnya. Bukan dia 'yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau'. Walau tak disangkal memang keagungan dan keberhasilan seorang anak adalah kebahagiaan orangtua; banyak orangtua mengetahuinya itu. Ucapan ini memang benar, tetapi Yesus membuka wawasan baru bagi umatNya, bahwa semua orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan melaksanakannya adalah oranag-orang yang berbahagia dan diselamatkan. Orang yang berbahagia adalah orang yang merasakan keselamatan dari Tuhan, yakni mereka yang merasakan kehadiran Tuhan dan belaskasihNya; orang yang merasakan bahwa dirinya diperhatikan dan dicintai Tuhan Yesus; bukannya mereka yang berkelimpahan harta benda atau sehat wal afiat. Semuanya itu memang adalah anugerah dan warisan Tuhan, tetapi itu semua anugerah Tuhan yang amat-amat insani. Ada orang yang diselamatkan, ada pula orang yang dilimpahi aneka berkatNya.
Ucapan Yesus ini hendak meniadakan Maria? Bukankah semua ini terjadi dari pihak Tuhan? Mungkin benar, namun tak dapat disangkal apa yang dikatakan Yesus dan Maria tidak menegrtinya, Maria hanya berdiam diri dan menyimpan semuanya dalam hatinya. Ingat ketika Maria mendengarkan ucapan Simeon dan ucapan Yesus sendiri, ketika Dia diketemukan di Yerusalem. Maria adalah seorang pendengar dan pelaksana sabda Tuhan yang baik dan setia.
Kita pun mendapatkan kesempatan menjadi orang-orang yang berbahagia, kalau memang kita berani mendengarkan sabda Tuhan dan melaksanakannya. Ada baiknya kita tidak menjadi orang-orang yang sebatas penerima aneka pemberian dan mukjizat-mukjizatnya, melainkan orang-orang yang bahagia dan diselamatkan.
 
 
Oratio:
 
Ya Tuhan Yesus, ajarilah kami menjadi orang-orang pendengar sabda dan siap melaksanakannya.
 
 
 
Contemplatio :
 
'Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya'.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening