Pesta Santo Stefanus Martir

26 Desember 2011
Kis 6: 8-10  +  Mzm 31  +  Mat 10: 17-22
 
 
 
 
Lectio :
Bersabdalah Yesus kepada para muridNya:  'waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.
Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
 
 
 
 
Meditatio :
'Waspadalah terhadap semua orang'.
Pernyataan Yesus ini bukan dimaksudkan, agar para muridNya mencurigai orang lain, yang akan mereka temui, melainkan Yesus memberitahu bahwa suatu kenyataan pahit akan mereka hadapi, akibat pergaulan mereka dengan diriNya. 'Karena Aku, akan ada yang menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya; kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja'. Pengenalan akan Yesus tidaklah menghasilkan banyak pujian dan penghargaan. Sebaliknya, penyesahan dan penganiayaan akan mereka terima. Pertentangan tidak hanya dari mereka yang memang tidak sepaham, tetapi juga terjadi dalam keluarga sendiri. Pengenalan akan Yesus membawa pertentangan dalam keluarga. 'Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya; dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka'.  Sangat keliru, bagi orang-orang, bila mengikuti Kristus hanya ingin mendapatkan kemapanan hidup. Status hidup yang layak dan menyenangkan tidak akan dapat diperoleh dengan menjadi para muridNya.
'Janganlah kamu kuatir', tegas Yesus. 'Pertama, inilah kesempatan kalian untuk memberi kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kedua, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu'. Iman kepercayaan akan Yesus dimurnikan dalam aneka tantangan dan ancaman, dan sekaligus mendapatkan peneguhan dari Bapa di surge, yang mengutus RohNya untuk mendampinginya.
Apa yang dinubuatkan Yesus pertama kali dirasakan secara nyata oleh Stefanus, sebagaimana diceritakan dalam bacaan pertama tadi. Stefanus adalah seorang yang percaya kepada Yesus; dengan berani dia bersoaljawab tentang Yesus, karena kepercayaannya kepadaNya; dia berani bersoaljawab, karena Roh  Allah ada di pihaknya; dan Stefanuslah seorang martir pertama dalam GerejaNya yang kudus, karena dia berani mempersembahkan nyawa dan hidupnya demi Kristus yang dipercayainya.
'Kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat'.
Kebenaran inilah yang hendak dinyatakan Yesus kepada kita. Martir Stefanus adalah orang pertama yang menikmatinya. Perlawanan dan pertentangan karena namaNya masih terjadi.  Apakah gara-gara namaNya sekarang ini kita orang-orang yang percaya kepada Yesus masih mendapatkan tantangan dan perlawanan dari orang-orang yang tidak percaya kepadaNya?  Masih! Apa nama Yesus mendatangkan skandal? Apakah nama Yesus mempunyai konotasi jahat? Apakah Yesus mengajarkan kejahatan? Apakah mereka tidak mengenal Yesus? Apakah para pengikutNya tidak berbagi kasih dalam hidup sehari-hari? Apakah para murid Yesus tidak menghayati imannya secara benar? Apakah orang-orang Nazrani itu memang penakut? Namun tak dapat disangkal: Yesus sendiri memberi kemungkinan dan peluang untuk mendapatkan tantangan dan perlawanan, bukankah memang 'kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu?'
 
 
 
 
Oratio :
 
Yesus  Kristus, hari ini kami memperingati pesta santo Stefanus martirMu. Peringatan hari ini mengingatkan kami akan salib yang harus kami pikul dalam mengikuti Engkau. Semoga kami semakin hari semakin setia dalam memanggul salib kehidupan ini, terlebih dalam pengenalan akan Engkau.  Amin.
 
 
Contemplatio :
          'Orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat'.
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening