Senin Masa Biasa V, 6 Februari 2012

1Raj 8: 1-13  +  Mzm 132  +  Mrk 6: 53-56
 
 
 
 
 
Lectio :
Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.
 
 
Meditatio :
Sekarang ini bila ada KRK, ribuan orang berbondong-bondong datang menginginkan terjadinya mukjizat, dan bukan sabda Tuhan yang menjadi perhatian utama. Tentunya  kita dengan mudah dapat membayangkan peristiwa demi peristiwa yang diceritakan Injil hari ini. Kenyataan semacam ini hendaknya membuat kita berani bertanya kepada Tuhan Yesus sang Empunya kehidupan: mengapa semuanya itu terjadi hanya pada jamanNya, ketika Dia ada di tanah Palestina? Atau pun juga begitu marak ketika Gereja perdana muncul dengan para rasul sebagai tokoh-tokohnya? Apakah sekarang ini tidak dimungkinkan kembali terjadinya aneka mukjizat  yang mempesona banyak orang? Mengapa Dia tidak secara sengaja turun kembali ke dunia untuk mengadakan aneka mukjizat yang lebih dashyat dan menggemparkan guna menyadarkan dan menyatukan seluruh umat manusia menjadi satu bangsa dan satu komunitas?
Namun apakah kehadiran Yesus hanya dibatasi dengan tanda-tanda fenomental seperti itu? Apa yang dikehendaki Yesus dengan kehadiranNya di dunia? Juga sebaliknya apa yang dikehendaki umat dengan kehadiranNya? Apakah kepercayaan manusia hanya sebatas tanda-tanda fenomental? Kiranya Injil hari Minggu kemarin juga memberi inspirasi bagi kita.  Bahwasannya Anak Manusia datang, bukan bertujuan hanya untuk menyembuhkan orang-orang sakit ataupun mengadakan pelbagai mukjizat. 'Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang', tegas Yesus.  Yesus datang untuk mewartakan Injil Kerajaan Allah; dan memang inilah inti pewartaanNya. Yesus datang ke dunia untuk mewartakan kabar keselamatan bagi seluruh umat manusia, dan barangsiapa percaya dia akan beroleh keselamatan (Mrk 16: 16).
 
 
 
 
Oratio :
 
Yesus,  Engkau begitu menaruh perhatian kepada orang-orang yang sakit dan tak berdaya. Kami mohon: jamahlah orang-orang yang sampai kini harus berbaring  karena sakit, semoga dengan penuh iman dan harapan mereka semakin berani berserah diri kepadaMu, sebab hanya keberserahan diri di dalam Engkau sang Empunya kehidupan, kami sungguh-sungguh akan menikmati hidup ini.  Amin.
 
 
Contemplatio :
          Asal kujamah saja Dia, aku pasti hidup!
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening