Kamis Paskah VII, 24 Mei 2012

Kis 23: 6-11  + Mzm 16  +  Yoh 17: 20-26

 

 

 

 

Lectio

 

Dalam doaNya Yesus berseru: 'ya Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

 

Meditatio:

'Semoga mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita'.

Inilah doa Yesus kepada Bapa, agar semua orang menikmati kasihNya dan merasakan kehadiranNya. 'Supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu'. Sekali lagi, menjadi satu, bukanlah dimaksudkan bergerombol terus ke mana pergi, melainkan menikmati kasih Allah dan tinggal dalam Allah; 'agar mereka juga di dalam Kita', pinta Yesus kepada Bapa. Itulah kemauan Yesus, sang Anak Manusia.

 Menjadi satu berarti juga membiarkan diri kita tinggal bersama dalam Yesus. 'Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku'. Dengan tinggal dalam kasihNya, seseorang akan tinggal selalu bersama Yesus di mana Dia berada. Sebab kesatuan Yesus dan Bapa adalah kesatuan keberadaan, sebagaimana dikatakan Yesus sendiri: 'Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau'.

'Di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku'. Kenapa Yesus menyatakannya seperti ini? Apakah Yesus selalu berpindah-pindah tempat? Mengapa Yesus tidak mengatakan: supaya di mana pun mereka berada, Aku bersama mereka? Namun bila demikian, apakah kalau kita berada di tempat perjudian, Yesus pun ada bersama kita dan mengamini kita? Apakah Yesus juga berada bersama kita kalau kita sedang berkubang dalam kejahatan? Tentunya karena keinginan daging kita yang lebih kuat, daripada keinginan roh yang begitu lemah, maka Yesus tetap bersiteguh agar 'di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku'. Dia tidak berpindah-pindah tempat, karena dunia adalah ciptaanNya, dan dunia adalah milikNya dan selalu berada dalam tanganNya. 'Di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku', karena Yesus Tuhan harus menjadi pusat perhatian seluruh umatNya.

Tinggal bersama Yesus berarti tinggal dalam kasihNya. Tinggal dalam kasih Allah, tidak lain dan tidak bukan, adalah adanya kesadaran tinggi dalam diri kita bahwa Allah mengasihi kita. Kita adalah orang-orang yang dikasihi oleh Allah. Karena  memang Allah adalah kasih. Tinggal dalam kasih Allah berarti menjadikan diri kita sendiri sebagai kasih, sebagaimana Allah sendiri adalah kasih. Saya tinggal dalam kasih Allah berarti saya menyadari diri bahwa saya adalah kasih, yakni kasih terhadap Allah dan sesama, sebagaimana Allah sendiri adalah kasih.

 

 

Oratio :

 

Yesus, Engkau mendoakan semua orang untuk bersatu dengan Engkau, sebagaimana Engkau dan Bapa adalah satu. Ajarilah kami ya Yesus untuk berani tinggal bersama Engkau, sehingga pada akhirnya diri kami menjadi kasih bagiMu dan sesama. Amin.

 

 

Contemplatio :

'Supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu'

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening