Pesta santo Filipus dan Yakobus, 3 Mei 2012

1Kor 15: 1-8  +  Mzm 19  +  Yoh 14: 6-16

 

 

 

 

Lectio: 

 

Suatu hari bersabdalah  Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."

Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya".

 

Meditatio:

 

'Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami'.

Pernyataan Filipus ini menanggapi penyataan Yesus yang menegaskan: 'sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia'. Terlebih lagi, sebelumnya Yesus menyatakan: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'. Filipus begitu tertarik dengan penyataan mengenal Bapa. Penyataan ini memang sudah diungkapkan Yesus sebelumnya, sebagaimana kita renungkan hari kemarin. 'Barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku' (Yoh 12: 45). Sekarang ini mereka bersatu dan berkumpul dengan Yesus, maka benarlah kalau Dia menegaskan sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia, karena memang Yesus ada berdiri di depan mata mereka.

Filipus, Filipus, kata Yesus kepadanya: 'telah sekian lama Aku bersama-sama kamu,  namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?'. Aku dan Bapa adalah satu (Yoh 10: 30). 'Aku di dalam Bapa, dan Bapa di dalam Aku', tegas Yesus.

Yesus meminta para murid percaya kepada diriNya, pertama, karena memang Dia tidak berkata-kata dari diriNya sendiri. 'Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya'. Semua yang dilakukan Yesus adalah kehendak dan kemauan Bapa. Mendengarkan perkataan dan melakukanNya adalah bukti bahwa kita percaya dan mengasihi Dia. 'Jikalau kamu percaya dan mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku'.

Kedua, percaya kepada Yesus, bukanlah semata-mata percaya kepada bleger-Nya saja (Jawa: fisik dan keberadaan-Nya), melainkan percaya kepada segala pekerjaan yang dilakukan Yesus sendiri. PekerjaanNya selama ini seperti: mengajar dengan penuh kuasa dan wibawa, menyembuhkan orang sakit, memperganda roti dan berjalan di permukaan air. Pekerjaan-pekerjaan inilah yang harus dipercaya, karena memang hanya Allah yang dapat melakukan seperti ini.

          Namun Yesus malahan mengundang para murid, kita semua. 'Aku berkata kepadamu, tegasNya,  'sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu'. Inilah janji yang menggemparkan! Namun kiranya, janganlah kita berangan-angan pekerjaan apa yang dapat kita lakukan nanti, Tuhan Allah akan atur semuanya itu;  sebelum melangkah dan memikirkan pekerjaan Yesus apa yang dapat kita lakukan, yang penting dan yang pertama kali, atau yang terlebih dahulu harus kita lakukan adalah percaya dan percaya kepadaNya.

          Sebagaimana Yesus dapat melakukan segala sesuatu, karena 'Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya', demikian juga kita dapat melakukan segala pekerjaanNya, kalau kita melakukan dalam namaNya, sebagaimana ditegaskan: 'apa yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya'. Semuanya dapat kita lakukan, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Percaya kepada Kristus dan berusaha melakukan segala pekerjaanNya, sekali lagi bukan hanya bisa dilakukan oleh para muridNya, yang memang berkumpul dengan Yesus selama dalam perjalanan sejarah di daerah Galilea, Palestina, melainkan juga kita semua orang yang percaya kepadaNya. Roh Allah sendiri yang akan membimbing dan menuntun kita.  'Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya'. Semuanya tetap dapat kita lakukan karena Roh Kristus sendiri yang mendampingi dan menyertai kita.

Paulus dalam bacaan pertama mengajak kita untuk semakin percaya kepada Kristus, kepada Injil. Kiranya Injil menjadi pegangan hidup agar kita beroleh keselamatan. 'Saudara-saudariku, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu'.

Kepercayaan dan kepercayaan, inilah pembicaraan beberapa hari ini tiada kunjung putus. Kepercayaaan amatlah berharga dalam mendapatkan keselamatan.

 

Oratio :

 

Ya Tuhan Yesus, buatlah kami rajin membaca Kitab Suci, karena memang dari situlah kami dapat mengenal Engkau dengan benar.  Semoga dengan mendengarkan sabdaMu, kami semakin mengenal Engkau, semakin akrab dengan suaraMu.

Santo Filipus dan Yakobus, doakanlah kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio :

          'Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar'.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening