Sabtu Paskah VI, 19 Mei 2012

Kis 18: 23-28  +  Mzm 47  +  Yoh 16: 23-28
 
 
Lectio: 
Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.
Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."
 
Meditatio:
'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku'.
Inilah penegasan Yesus kepada para muridNya. Mereka diminta untuk berani meminta dan meminta. Walau 'sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu', tegas Yesus. Dan memang harus dipahami, selama berkumpul dengan Yesus, mereka tidak berkekurangan akan suatu pun. Dalam kasihNya, mereka tidak berkekurangan apapun.
Pernyataan bila para murid belum meminta suatupun dalam namaNya sebenarnya sebuah penegasan agar mereka berani meminta dan meminta, dan bukanlah sebuah tuntutan atas sikap mereka yang tidak mau meminta apa-apa dalam namaNya, sebab memang kasih Allah telah mereka nikmati secara berkelimpahan. 'Tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah'. Perhatian Bapa dalam Yesus Kristus telah mendahului mereka; kasih Allah telah melimpah pada diri mereka, sehingga mereka tidak berkekurangan suatu pun.
'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'.
Tinggal dalam kasihNya inilah yang meneguhkan para rasul untuk semakin bersatu, dan semakin memahami kehendak sang Guru: 'Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa'. Ada dukacita dan kesedihan ketika disampaikan berita itu, menurut saya adalah hal yang wajar dan lumrah. Sangat insani. Namun kenyataannya, sebagaimana kita renungkan hari Minggu kemarin, para murid mampu menerima kenyataan itu, dan malahan mereka pergi mewartakan Injil Kerajaan Allah sebagaimana diminta Yesus kepada mereka. Kasih karunia Allah memampukan para murid untuk memilih yang terbaik dalam hidup mereka.
 
 
 
 
Oratio :
 
Yesus Kristus, Engkau menghadap Bapa guna menyiapkan tempat yang indah bagi kami, karena memang Engkau menghendaki di mana Engkau berani, kami pun berada. Ajarilah kami ya Yesus untuk semakin hari semakin setia kepadaMu, merasakan kehadiranMu yang menyelamatkan.
Tuhan Yesus, bantulah kami orang yang lemah ini. Amin.
 
 
 
Contemplatio :
          'Tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa'.
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening