Kamis Pekan Biasa XIV, 12 Juli 2012

Hos 11: 3-4.8-9  +  Mzm 80  +  Mat 10: 7-15

 

 

 

Lectio

 

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan berkata: 'pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu'.

 

Meditatio:

Ada tiga yang diminta oleh Yesus ketika mengutus para muridNya

Pertama, hendaknya mereka melayani dengan sukarela, tanpa mengharapkan balasjasa. 'Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma'. Mereka telah mendapatkan semuanya itu dari Yesus. Pemberian itu murni dari Tuhan Yesus, dan bukannya karena jasa-jasa mereka. Mereka harus mampu dan berani: menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta, dan mengusir setan-setan.

Kedua, mereka hendaknya tidak direpotkan dengan aneka perbekalan. Mereka tidak perlu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu, tidak membawa bekal atau baju dua helai, kasut atau tongkat. Semuanya akan disediakan oleh Allah sendiri; yakinlah 'seorang pekerja patut mendapat upahnya', tegas Yesus. Allah akan menggerakan orang-orang untuk memperhatikan kebutuhan mereka akan sandang, pangan dan panggon, sebab orang-orang itu telah mendapatkan pelayanan dan kasih karunia Tuhan sendiri.

Ketiga, sikap ramah harus dikedepankan dalam karya perutusan. 'Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka'. Kehadiran Tuhan selalu membawa damai, maka demikian setiap orang yang mengaku diri murid-muridNya, harus selalu membawa damai dan sukacita bagi sesamanya. Demikian juga sebaliknya, penolakan terhadap orang-orang yang memang mendapatkan perutusan daripadaNya, akan mendatangkan celaka, dan bukannya berkat. 'Keluar dan tinggalkan rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu'.

Kiranya ketiga hal pesan Yesus kepada para murid juga diarahkan kepada kita. Dalam setiap pelayanan, hendaknya kita lakukan semuanya itu dengan sukarela dan murah hati, dalam damai dan kasih, dan tidak merepotkan diri dengan aneka fasilitas.

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'.

Berita ini harus disampaikan, karena memang Israel adalah bangsa pilihan Allah. Itulah yang kita renungkan kemarin, dan juga diingatkan dalam bacaan pertama oleh Hosea pada hari ini. 'Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku. Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan. Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak. Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan'.

 

 

Oratio :

 

Tuhan Yesus, Engkau mengajak kami dalam karya pelayanan. Terima kasih, ya Yesus, atas kepercayaanMu kepada kami. Namun tak jarang, kami mudah menggerutu, bila pelayanan kami tidak mendapatkan perhatian, mereka acuh tak acuh dengan pelayanan kami. Bantulah kami, agar kami bisa berani menerima kenyataan apa adanya dan tidak mudah menuntut ini dan itu dari sesama kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio :

'Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat'.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening