Senin Pekan Biasa XVI, 23 Juli 2012

Mi 6: 1-8  +  Mzm 50 +  Mat 12: 38-42

 

 

 

Lectio

 

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."

Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus! Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

 

 

Meditatio:

'Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu'.

Inilah permintaan beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus. Mereka, bukanlah orang-orang yang baru berjumpa dengan Yesus, atau pun baru mendengarkan cerita tentang Dia. Berulangkali mereka berjumpa dan melihat Dia. Namun itulah, mereka meminta tanda hanya untuk mencobai Dia. 'Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus', tegas Yesus. Yesus tidak mengikuti kemauan mereka. Yesus tidak mencari pencitraan diri! Mereka semua hanya diingatkan dengan kehadiran Yunus, yang menggagetkan, menggemparkan orang-orang Ninive,di mana seluruh kota berani berbalik dari sikap dan perilaku mereka yang jahat dan berpaling kepadaNya. Yunus menjadi tanda bagi orang-orang Ninive.

'Sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!', tegas Yesus; 'di sini pun ada yang lebih dari pada Salomo!'. Kalau orang-orang Niniwe aja bertobat, setelah mendengar pemberitaan Yunus, demikian juga Ratu dari Selatan sengaja datang untuk mendengar hikmat Salomo, seharusnya orang-orang yang telah tahu dan mengenal Yesus, Orang Nazaret ini. Sebab memang mereka tiap hari sering mendengarkan pengajaranNya, mereka melihat dengan mata kepala sendiri segala yang dikerjakan Yesus bagi mereka; tetapi itulah, mereka orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat ini adalah orang-orang yang tidak berbeda sama sekali dengan orang-orang Betsaida, Khorasim dan Kapernaum (Mat 11: 21-24). Tentu kita ingat orang-orang Betsaida, Khorasim dan Kapernaum yang beberapa hari lalu mendapatkan kecaman keras dari Yesus.

Kita, bukanlah orang-orang yang baru mengenal Yesus, kita malahan telah sering mendapatkan aneka berkat dan rahmat daripadaNya. Kita pasti tahu apa yang harus kita lakukan dan kita kerjakan.  Janganlah ucapan semacam ini: 'umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku! Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa dan Harun dan Miryam sebagai penganjurmu', sebagaimana dikatakan melalui nabi Mikha dalam bacaan pertama tadi, juga disampaikan kepada kita. Kita adalah orang-orang yang tahu bersyukur kepada Tuhan Yesus, Gembala kita. Lebih baik kita 'berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allah', seperti dipesankan juga melalui nabi Mikha, maka kita akan menjadi tanda kehadiranNya bagi sesama kita. Kita tentunya bukanlah orang-orang yang meminta tanda dari Yesus, tetapi kita yang sekarang menjadi tanda Yesus Kristus bagi orang-orang yang ingin mengalami kehadiranNya

 

 

Oratio :

 

Yesus, Engkau telah banyak memberi kepada kami segala hal yang indah dan membahagiakan. Itulah tanda-tanda kehadiranMu yang memang selalu menyertai kami. Buatlah kami juga berani berbagi dengan sesama kami, terlebih yang sampai hari ini belum mau mengakui Engkau, malahan tidak menaruh simpati sedikit pun, bila mendengar suaraMu berkumandang. Amin.

 

 

Contemplatio :

Tuhan Engkaulah Gembalaku, tak kekurangan aku.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening