Pesta Santo Mikhael, Rafael dan Gabriel, 29 September 2012



Why 12: 7-12  +  Mzm 138  +  Yoh 1: 47-51





Lectio:

Ketika melihat Natanael datang kepada-Nya, berkatalah Yesus tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." 

Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia." 





Meditatio:

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'.

Inilah karunia indah yang dinikmati oleh Natanael, berkat iman kepercayaannya. 'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!'.  Natanael mengungkapkan imannya, karena memang dia kagum dengan Yesus, walau tak dapat disangkal bahwa dia sebelumnya meragukan sesuatu yang indah dari Nazaret (Yoh 1: 46). Setelah berjumpa dengan Yesus barulah dia menikmati kehadiran Allah; dan dia menikmati sesuatu yang indah dan mulia. Namun kiranya iman tidaklah  boleh berdasarkan pengalaman inderawi, dan itulah yang disampaikan Yesus juga kepada Natanael: 'karena melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya', sebab bila pengalaman berlalu,  iman pun akan berlalu juga. Tidaklah demikian dengan iman yang muncul karena percaya. Berbahagialah mereka, yang tidak melihat, tetapi percaya (Yoh 20: 29).

Kendati demikian Yesus tidak berhenti pada kelemahan umatNya, malahan Dia memberi dan memberi kepada setiap orang, yang mau percaya dan berserah kepadaNya. 'Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu'. Natanael sudah diizinkan melihat sesuatu yang indah dalam diri orang Nazaret, bahkan dia sudah dikenal olehNya, kini masih mendapatkan hal yang lebih indah dan mulia, akan melihat hal-hal yang lebih besar lagi. Karena kepercayaannya seseorang 'akan diberi, sehingga ia berkelimpahan' (Mat 25: 29). Memang orang, yang percaya kepada Anak Manusia, banyak mendapatkan berkatNya. Dan inilah yang dinikmati Natanael kelak: 'melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia', yang menunjukkan betapa agung dan mulia Dia, Anak Manusia yang dilayani oleh para malaikat, karena memang Dialah sang Empunya kehidupan ini.

Para malaikat yang melayani sang Anak Manusia antara lain Rafael, Gabriel dan Mikhael. Ketiga malaikat agung yang mempunyai tugas perutusan mulia. Kalau hari ini kita merayakan ketiga besar tokoh ini, sebenarnya hendak menyatakan siapakah sebenarnya Anak Manusia itu, yang dilayani oleh para malaikatNya yang kudus; dan betapa besar kasih Allah yang selalu mendampingi umatNya dengan tuntunan para malaikat. Ia menghendaki umatNya dalam keadaan selamat dan bebas dari gangguan mara bahaya. Kiranya kasih Allah ini semakin membuat kita semakin berani berserah kepadaNya.






Oratio:

Ya Tuhan Yesus, hari ini kami merayakan pesta ketiga malaikat agungMu, yang menunjukkan betapa besar dan agungNya Engkau. Kami mohon kepadaMu, ya Yesus, agar kami semakin merasakan pendampinganMu kepada kami. Engkau selalu menjaga dan melindungi kami. 

Para malaikat yang kudus, ajarilah kami selalu berani bersyukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang maha kasih dan mulia.






Contemplatio:

'Kamu akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia',













Oremus Inter Nos, 
Marilah kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening