Kamis dalam Adven II, 13 Desember 2012

Yes 41: 13-20  +  Mzm 145  +  Mat 11: 11-15

 

 

 

 

Lectio:

 

Pada waktu itu Yesus langsung menegaskan kepada para muridNya: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan -- jika kamu mau menerimanya -- ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

 

Meditatio:

'Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya'.

Pujian Yesus terhadap Yohanes ini berlebihan sungguh! Bagaimana dengan Abraham, Ishak dan Yakub, ketiga bapa bangsa Israel? Bukankah mereka, umat Israel, sampai menyebut Yahwe sebagai Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Bagaimana dengan Musa dan Elia, kedua tokoh besar dalam sejarah Israel, yang sempat tampil juga dalam penampakkan mulia di gunung bersama Yesus? Bagaimana dengan Maria, sang bunda, sebagai orang pertama yang menikmati buah-buah kebangkitan? Pujian Yesus terhadap Yohanes tentunya tidak salah dan selalu benar, tetapi tidak ada larangan, kalau saya protes kepadaNya. Kiranya Dia, sang Kebijaksanaan, akan membuka misteri sabda dan kehendakNya bagi setiap orang yang merindukanNya.

Demikian juga bahwa 'Yohanes Pembaptis adalah Elia yang akan datang itu'. Sejauhmana pemahaman itu, sulit kita mengerti memang. Saya pribadi tidak mempersoalkannya, di luar fokus pendalaman iman saya. Saya hanya tahu bahwa Yesus adalah Tuhan. Dialah Kristus. Putera Allah yang hidup, dan Dia akan datang kembali di akhir jaman untuk membawa mahkota kehidupan. Dia datang kembali, karena Dialah sang Empunya kehidupan, dan menghendaki semua orang beroleh selamat; Dia tidak ingin 'ada anakNya yang hilang' (Mat 18: 14). Melalui nabi Yesaya, Tuhan Allah sendiri bersabda: 'Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: janganlah takut, Akulah yang menolong engkau. Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel'.

Kiranya kita semakin percaya kepada Dia, sang Empunya kehidupan ini.

 

Oratio:

 

Ya Tuhan Yesus, Engkaulah sang Empunya kehidupan. Bantulah kami dengan rahmatMu, agar kami semakin berani berpasrah kepadaMu.

Santa Lusia, doakanlah kami, agar semakin mampu mempelajari kehendak Tuhan kita Yesus Kristus. Amin.

 

 

 

Contemplatio:

 

'Kristus, Putera Allah yang hidup'.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening