Senin dalam Adven Khusus, 17 Desember 2012



Kej 49: 8-10  +  Mzm 72  +  Mat 1: 1-17




Lectio:

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. 

Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. 

Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. 

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. 





Meditatio:

'Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu', tegas Yakub kepada keduabelas anak-anaknya. Yehuda menjadi seorang terpilih dari keduabelas anak Yakub. 'Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa'.

Allah memilih Yehuda, dan bukannya kesebelas saudaranya, walau tak disangkal masing-masing saudaranya menerima berkat yang melimpah. Contoh konkrit adalah Yusuf adik mereka yang menjadi pembesar di Mesir, dan semua mereka harus merunduk di kakinya. Seseorang tidak menjadi yang terpilih, bukan berarti tidak mendapatkan berkat daripadaNya. Lebih dari itu, mereka yang sempat jatuh dalam dosa seringkali dipakai Allah menjadi alatNya. Nama-nama yang disebutkan dalam silsilah bukanlah orang-orang yang terkenal karena kebaikan, ada banyak dari mereka telah jatuh dalam dosa.

Silsilah Yesus yang berawal dari Abraham bukanlah terisi oleh orang-orang benar dan baik. Semuanya ini menunjukkan realitas hidup, dan Yesus masuk dalam realitas manusia yang mampu berbuat dosa. Persiapan akan kehadiran Anak Manusia sepertinya hanya diletakkan pada diri Maria, yang dikandung tanpa noda, sebagaimana kita renungkan pada tanggal 8 Desember kemarin. Injil hari ini mengajak kita untuk berani hidup apa adanya dan menerima segala bentuk kenyataan yang ada. Yesus pun yang adalah Allah masuk dalam sejarah manusia yang serba lemah dan terbatas, dan taat pada aliran waktu dan terikat tempat. Dia secara sengaja merendahkan diri menjadi manusia dan turun dalam ruang dan waktu.





Oratio:

Yesus Kristus, Engkau masuk dalam sejarah manusia, karena memang Engkau ini merasakan betapa indahnya menjadi manusia. Semoga kami merasa bangga menjadi umat milikMu dalam kenyataan hidup sehari-hari, terlebih bila kami menghadapi peristiwa yang pahit dan tidak mengenakkan. Amin.





Contemplatio:

Aku mengutus AnakKu ke dunia.














Oremus Inter Nos, 
Marilah kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening