Sabtu Hening, 30 Maret 2013


Hos 6: 1-3

 

 

 

Lectio :

'Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita. Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.

Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi'.

 

 

Meditatio :

Hari ini Nyepi bagi setiap orang yang percaya akan keselamatan abadi. Ini hari Sabtu Suci, dan Sabtu Hening, hari kedua dari Trihari Suci. Sebab sang Empunya kehidupan turun ke dunia orang mati. Dia Kristus Tuhan yang tahu apa artinya menderita turun ke dalam dunia yang paling ditakuti oleh setiap orang, kematian. Kematian, bukan saja ditakuti oleh setiap makhluk hidup, paling sedikit dihindarinya mereka semua, termasuk kita; dan itulah tampak nyata dalam kesengsaraan hidup. Tidak ada orang yang tidak menghindari sakit dan sengsara.

Sakit, sengsara dan mati adalah realitas hidup yang tak mungkin dihindari oleh setiap orang.  Walau tidak bersamaan, setiap orang akan menghadapi peristiwa yang tidak mengenakkan itu. Hodie mihi, cras tibi (Latin), Sekarang saya, besok engkau. Sebuah ajakan yang mengundang kita untuk siap sedia menghadapi kenyataan. Sekarang memang terjadi pada diri saya, saya harus mengalami, saya harus menerima; tetapi tidak bisa dihindari, semuanya akan besok pada dirimu!

'Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita. Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya'. Inilah ajakan Tuhan Allah melalui nabi Hosea. Kita harus berani siap sedia dipermainkan Allah, karena memang Allah suka bermain-main dengan umatNya. Dia datang dan menyapa. Dia suka memberi dan memanggil kita untuk mengambilnya. Dia membiarkan diri tersembunyi, bila kita sedang sengaja mencariNya. Dia pun tidak segan-segan menghajar kita, bila kita sudah dilihat mampu mempermainkan Allah. Dia akan menerkam, tetapi akan menyembuhkan kita. Dia akan memukul tetapi akan membalut kita. Allah memang suka bermain-main dengan kita umat kesayanganNya. Kita diminta siap dipermainkan oleh Allah. Semuanya dilakukanNya agar kita mau tinggal bersamaNya, selalu bergembira bersama Allah. Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya'.  

Apa yang terus dapat kita perbuat?

'Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN'. Jangan bersukaria dan bertepuktangan, ketika Tuhan mengulurkan tangan memberikan sesuatu kepada kita. Jangalah tertawa ketika Tuhan memberi. Janganlah bersedih, dan bahkan hanya menangis dan menangis, ketika Dia tersembunyi di dekat kita. Kita kenal Dia sungguh-sungguh. Hanya Yesus Kristus sang Mesias, yang berani turun ke dunia orang mati untuk memberi kehidupan kekal kepada seluruh ciptaanNya. Hanya Yesus, dan tidak ada yang lain. Akulah kebangkitan dan hidup. 'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya' (Yoh 11: 25-26).

Inilah Sabtu hening dan suci, yang harus kita hitung sebagai hari kedua. Dia yang kemarin wafat disalibkan, dan turun ke alam maut guna membongkar semuanya itu, esok pada hari ketiga akan bangkit dari sana dan membuat segalanya indah dan mulia.

Kenalilah Dia, dan sayangilah Dia. 'Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi'. Dia selalu memberi yang terbaik bagi umatNya.

 

 

Oratio :

Yesus Kristus, hari-hari ini Engkau berada dalam kubur. Engkau membongkar dunia kematian, karena memang Engkau tidak menghendaki seorang pun hilang dari padaMu, dan binasa.

Yesus selamatkan seluruh umatMu. Amin.

 

 

 

Contemplatio:

'Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi'.

 

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening