Hari Keenam Novena Roh Kudus, 15 Mei 2013


Kis 20: 28-38   +  Mzm 68  +  Yoh 17: 11-19

 

 

 

 

Lectio :

Dalam doaNya Yesus berseru: 'Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran'.

 

 

Meditatio :

Dalam doaNya, Yesus berdoa bagi para muridNya: 'ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita'. Yesus meminta perlindungan dan penjagaan Bapa di surga bagi para muridNya. Mengapa Yesus meminta kepada Bapa? Apakah Yesus tidak mampu melindungi mereka? Apakah Yesus tidak bersedia menjaga dan memelihara orang-orang yang mengikutiNya? Permintaan Yesus sepertinya hanya ingin menunjukkan, bahwa apa yang telah dilakukanNya terhadap para muridNya, adalah kehendak Bapa sendiri, karena itu Dia tadi menegaskan  supaya 'mereka menjadi satu sama seperti Kita'. Yesus telah melakukan segala yang dikehendakiNya.

Yesus menghendaki semua muridNya mengalami kehadiranNya dalam setiap peristiwa hidup mereka. Mereka tetap hidup di dunia apa adanya, tetapi mereka mengalami kehadiran dan perlindunganNya sendiri.  'Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

'Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran', pinta Yesus kepada Bapa, yakni agar Dia selalu memperbaharui merekla dengan sabdaNya. Sebab dengan mendengarkan sabda dan melaksanakanNya, seseorang mengikuti kehendak dan kemauan Bapa sendiri; berarti dia selalu memperbaharui dan selalu menyesuaikan hidupnya seturut kehendak dan kemauan Tuhan.

Dalam doaNya, Yesus juga memberitahukan, pertama, 'selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku', kedua, 'Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci', dan ketiga,  'Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia'.

Sekali lagi, Yesus meminta kepada Bapa di surga tadi, bukannya Dia tidak mampu melakukannya, karena memang Dia telah melakukannya sebelum Dia memohonnya kepada Bapa di surga. Seperti yang dikatakan di atas: permintaan Yesus sebenarnya hanya ingin menunjukkan bahwa apa yang telah dilakukanNya terhadap para muridNya adalah kehendak Bapa sendiri; dan Dia telah melakukannya, sebab Anak dan Bapa adalah satu.

Akhirnya Yesus, yang telah mendoakan dan membekali mereka para muridNya, mengutus mereka:  'sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia'. Yesus mengundang para muridNya untuk ambil bagian dalam karya perutusan Bapa; dan semuanya itu dinyatakan Yesus di hadapan para muridNya, sehingga mereka mendengarkan. 'Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka'.

 

 

Oratio :

Yesus, Engkau mendoakan para murid untuk ambil bagian dalam perutusanMu. Engkau mendoakan mereka, karena memang Engkau telah mengasihi dan memuliakan mereka. Engkaupun mengutus mereka mewartakan sabda dan kehendakMu.

Ya Roh Kudus, Roh Kristus sendiri, kuasailah kami dengan kasihMu yang menyelamatkan. Amin.

 

 

 Contemplatio:

'Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku'.

 

 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening