Minggu dalam Pekan Paskah VII, 12 Mei 2013


Kis 7: 55-60   +  Mzm 97  +  Yoh 17: 20-26

 

 

 

Lectio :

Pada suatu kali Yesus berdoa kepada Bapa di surga: 'Bapa, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

 

 

Meditatio :

'Bapa, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka', doa Yesus kepada Bapa di surga. Yesus berdoa kepada Bapa di surga, bukan saja bagi para muridNya, yang pada waktu itu selalu berkumpul dan bersatu denganNya, melainkan juga bagi semua orang yang mendengarkan pewartaan dan kesaksian mereka, para murid. Semuanya dilakukan Yesus, karena memang Dia datang, bukan untuk sebuah komunitas tertentu, melainkan untuk seluruh umat manusia, terlebih bagi mereka yang merindukan keselamatan kekal.

Yesus berdoa bagi mereka, pertama 'supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau'. Sebagaimana Putra, ada dalam Bapa, dan Bapa ada dalam Putra, demikianlah semua orang hendaknya bersatu padu, sehati sejiwa. Kesatuan hati antar umat beriman memungkinkan setiap orang semakin menikmati kehadiran sang Empunya kehidupan.

Kedua,  'agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku'.  Kesatuan Bapa dan Putera itu dapat dinikmati oleh setiap orang, bila memang mereka, kita semua, berani tinggal di dalam Allah; malahan menjadi keinginan sang Putera tinggal bersama umatNya.

Yesus tidak hanya  mendoakan mereka, juga  'memberikan kemuliaan, yang diterimaNya dari Bapa'; yang semuanya itu dilakukan 'supaya mereka menjadi satu, sama seperti Bapa dan Putera adalah satu'. Itulah permintaan Yesus bagi semua orang yang percaya kepadaNya, bagi kita semua. Semuanya dikehendaki Yesus, supaya 'Aku di dalam mereka, dan supaya di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku'. Kristus Tuhan sendiri menghendaki, agar seluruh umat ada bersama. Kristus menghendaki demikian, karena 'kasih yang Bapa berikan kepada-Ku juga ada di dalam mereka', Dia menghendak semua orang beroleh selamat. Yesus selalu berbagi kasih terhadap semua orang, agar semua orang menikmati sukacita secara peniuh.

 

 

Collatio:

Hari ini dicanangkan Gereja sebagai Hari Komunikasi Internasional 2013. Tema yang diambilnya adalah 'Jejaring Sosial: Pintu  Kebenaran dan Iman, Ruang Baru untuk Evangelisasi'. Tema ini diambil, karena kita dapat memperkenalkan Tuhan Yesus dan kebenaran yang diwartakanNya, melalui pelbagai sarana jejaring sosial.  Semuanya bisa terjadi, sejauh 'setiap orang melibatkan diri di dalamnya, dan hanya mempunyai satu maksud, yakni membangun relasi dan menjalin persahabatan, dengan memanfaatkan dan sekaligus berbagi segala kemampuan intelektual dan keterampilan kepada semua orang'. Jejaring sosial harus menjadi bagian dari tatanan masyarakat, yang menyatukan dan terbuka bagi semua orang dengan berpijak pada kebutuhan dasar, yakni hidup yang berbagi rasa dan kasih.

Kemauan Gereja ini tentunya sesuai dengan kehendak Tuhan sendiri, sebagaimana tersurat dalam Injil hari ini, di mana Yesus tidak menutup diri pada komunitas tertentu, khususnya bangsa Israel yang merasa diri sebagai bangsa terpilih, tetapi terbuka bagi semua orang yang berkehendak baik. 'Bapa, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka'. Yesus menghendaki agar semua beroleh keselamatan; dan jejaring sosial dapat ambil bagian di dalamNya.

 

 

Oratio :

Yesus Kristus, Engkau berdoa bagi semua orang yang mengharapkan keselamatan daripadaMu, yakni mereka yang mendengarkan suara pewartaan yang disampaikan oleh para muridMu.

Yesus, kuasailah kami dengan terang Roh KudusMu, agar kami menerima keberadaan sesama kami apa adanya, malahan berani mendoakan, agar mereka semua semakin merasakan sukacita yang memang Engkau berikan kepada semua orang. Ya Roh Kudus, kuasailah kami dengan kasihMu. Amin.

 

 

 Contemplatio:

'Bapa, semoga mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau'.

 

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening