Rabu dalam Pekan Paskah V, 8 Mei 2013


Kis 17:22 – 18:1   +  Mzm 148  +  Yoh 16: 12-15

 

 

 

Lectio :

Pada suatu kali Yesus berseru, kata-Nya: "masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."

 

 

Meditatio :

'Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya', tegas Yesus kepada para muridNya. Segala rahasia ilahi tidak bisa disampaikan secara total dan menyeluruh, karena keterbatasan dan kelemahan para murid dalam memahami kehendak Tuhan Allah yang berbelaskasih. Dalam pengajaranNya Yesus pun selalu memakai aneka perumpamaan (bdk.Mat 13: 13), yang memang bukan sekedar mengingat daya mampu para pendengar sabdaNya, melainkan karena kehendak dan kemauan Allah sendiri.

'Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang'.  Roh Kudus akan menyampaikan segala sesuatu tentang kebenaran, karena memang Dia berasal dari Bapa dan Putera. Roh Kudus adalah Roh Kristus sendiri. 'Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Sekali lagi, karena Roh Kudus adalah Roh Kristus sendiri yang ingin selalu menyertai umatNya.

Kebenaran yang disampaikan oleh Roh Kudus itulah yang juga disampaikan para murid dalam karya pewartaan mereka, sebagaimana diceritakan dalam Kisah para Rasul (bab 17). Dengan berani mereka mengalihkan perhatian mereka orang-orang Atena, dari Allah yang tidak dikenal kepada Allah yang ada dekat mereka, yang menyertai mereka. Allah hadir selalu dalam Roh KudusNya. Kehadiran Allah dalam Roh Kudus semakin menebarkan iman kepercayaan kepada setiap orang yang merindukan keselamatan.

 

 

Oratio :

Allah Bapa di surga, Engkau mengutus Roh Kudus, Roh Kristus ke tengah-tengah kami untuk mewartakan kebenaran yang  telah disampaikan oleh Yesus, PuteraMu. Bantulah kami selalu untuk mengalami kehadiranMu yang menyelamatkan. Amin.

 

 

 Contemplatio:

'Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran'.

 

 

 

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening