Senin dalam Pekan Paskah VI, 6 Mei 2013

Kis 16: 11-15   +  Mzm 149  +  Yoh 15:26 – 16:4

 

 

 

Lectio :

Sabda Yesus kepada para muridNya: 'jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

 

 

Meditatio :

'Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku'.

Roh Penghibur yang diutus Yesus akan memberi kesaksian tentang diriNya, karena memang Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera. Dia diutus mendampingi umatNya, yang seringkali lupa akan tugas perutusannya dan akan rahmat panggilan yang sudah diterimanya; terlebih lagi mengingat kecenderungan mereka akan kegelapan lebih kuat dibanding keinginan hidup dalam terang. Mereka mendapatkan pendampinganNya selalu, karena keterpilihan mereka olehNya, sebagaimana yang kita renungkan Sabtu kemarin. Mereka adalah orang-orang yang dikasihiNya. Namun tak dapat disangkal, mereka tetap akan mendapatkan perlawanan dari dunia, sebagaimana telah dialami terlebih dahulu oleh sang Guru (Yoh 15: 18-19). Berkat keterpilihan mereka, para murid terpanggil untuk menjadi saksi-saksi kebenaran, karena memang merekalah orang-orang yang selalu berkumpul dan menikmati kebenaran itu, tiap hari mereka mendengarkan suara dan kehendakNya. Mereka adalah orang-orang yang 'dari semula bersama-sama dengan Aku'.

'Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku', tegas Yesus. Semua segera disampaikanNya, agar para murid lebih bersiap-siap menerima tugas panggilanNya. Sebab kesaksian para murid, bukanlah berkata-kata kepada langit kosong di sana, atau berteriak keras-keras di padang gurun yang sunyi sepi, melainkan kepada orang-orang yang ada di sekitar mereka, di mana mereka hidup dan berada. Yesus Anak Manusia sungguh hidup. Dia telah bangkit dan hidup kembali. Dialah sang Penyelamat seluruh manusia. Inilah berita Paskah, yang harus diwartakan.

Apakah pewartaan mereka akan diterima dengan baik oleh para pendengar?

'Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya, bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku'. Penyataan Yesus mengandaikan bahwa apa pun yang akan terjadi pada muridNya, telah jauh-jauh diketahuiNya; dan sekarang  'semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu'. Yesus pun tidak meniadakan orang-orang yang melawan para muridNya, sebaliknya para murid diminta untuk siap sedia menghadapi mereka dengan gagah berani. Mereka bertindak demikian, karena mereka tidak mengenal Bapa dan Anak; tetapi untuk merekalah malahan berita Paskah itu harus disampaikan oleh para murid, sehingga kabar keselamatan itu dinikmati oleh semua orang tanpa terkecuali. Walau tak dapat disangkal, banyak juga orang-orang yang menerima dengan tulus ikhlas pewartaan dan kesaksian para murid, sebagaimana diceritakan dalam Kisah para Rasul (bab 16).

 

 

Oratio :

Ya Yesus Tuhan, Engkau mengutus para murid untuk mewartakan kabar sukacita, bersaksi tentang Engkau yang menyerahkan diri demi keselamatan kami. Semoga keterbukaan diri kami akan kasihMu semakin hari semakin melebar, sehingga pada saat itulah kami juga akan menampakkan kasihMu itu dengan saling mengasihi sebagaimana Engkau kehendaki. Amin.

 

 

 Contemplatio:

'Mereka bertindak demikian, karena menyangka bahwa mereka berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku'.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening