Jumat dalam Pekan Biasa XXIX, 25 Oktober 2013

Rom 7:  18-25  +  Mzm 119 +  Luk 12: 54-59




Lectio :

Suatu hari bersabdalah Yesus kepada para muridNya: "apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

 

 

 

Meditatio :

'Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?', tegas Yesus. Penyataan Yesus ini disampaikan kepada mereka, karena 'apabila melihat awan naik di sebelah barat, segera mereka berkata: akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi, demikian juga apabila melihat angin selatan bertiup, mereka berkata: hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi'. Namun sayangnya, kepandaian mereka sebatas pengetahuan akan dunia, tempat di mana mereka tinggal; seharusnya mereka juga mampu menilai kondisi hidup yang menenteramkan jiwa dan pikiran mereka, karena memang mereka membutuhkannya. Sebenarnya mereka bisa menilai kondisi hidup mereka, tetapi mereka tidak berkeinginan saja; ada ada niat untuk hidup lebih baik.  'Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas'. Kedamaian jiwa haruslah mendapatkan perhatian pertama dan utama dalam hidup ini.

Kedamaian jiwa harus mendapatkan perhatian, karena, menurut Paulus dalam suratnya kepada umat di Roma (bab7),  'di dalam anggota-anggota tubuh kita ini ada melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budi dan membuat kita menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuh'. Kita memerlukan pembebasan diri dari kuasa dosa, tetapi sebaliknya kita tidak berdaya menghadapinya. Namun semuanya itu dapat diselesaikan dan dimurnikan hanya dalam nama Kristus Tuhan. Paulus bersyukur, karena dia masih bisa menikmati keselamatan itu; dan kita pun bisa.

 

 

Oratio :               

Ya Yesus Kristus, kuasailah kami dengan  RohMu yang kudus, agar kami dapat selalu memilih yang terbaik bagi hidup kami, dan tidak mudah terpaku dengan segala kegembiraan duniawi semata.  Amin





Contemplatio :             

'Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?'.

 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Senin Pekan Prapaskah I, 19 Februari 2018

Selasa XXX, 26 Oktober 2010