Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2013


Ef  2:  19-22  +  Mzm 19  +  Luk 6: 12-19

 




Lectio :

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

 

 

Meditatio :

Dari keduabelas murid yang disebut Rasul ada yang bernama Simon yang disebut orang Zelot, seorang nasionalis tulen yang menghendaki kemerdekaan; apakah Simon mempunyai anggapan bahwa Yesus itu seorang pahlawan bangsa Israel, tidak diceritakan memang; namun tak dapat disangkal memang, bahwasannya Yesus adalah pahlawan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Dia adalah Pahlawan yang membebaskan manusia dari cengkeraman dosa. Dia mengangkat manusia menjadi anak-anak  Allah. Yang kedua adalah Yudas anak Yakobus atau Yudas Tadeus, seseorang yang pernah bertanya kepada sang Guru: 'Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?' (Yoh 14: 22), dan Yesus menanggapinya dengan berkata: 'Aku menyatakan diri kepadaMu, karena selagi Aku bersama kalian'. Yesus bahkan akan menyatakan segala kehendakNya, bila memang kita berani membuka diri selalu kepadaNya; itulah yang dilambungkan dalam doa-doaNya: 'Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil…..dan kepada orang yang kepadanya Anak berkenan menyatakannya' (Mat 11: 25-27).

Hari ini Gereja merayakan kedua tokoh besar, Simon dan Yudas, yang ikut langsung dalam karya penyelamatan Allah. Berkat peran mereka berdua, yang tergabung dalam komunitas para Rasul, kita 'bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, di mana Kristus Yesus sebagai batu penjuru' (Ef 2). Kiranya pesta kedua Rasul mengingatkan kita untuk selalu berani bersyukur dan bersyukur kepada Tuhan atas  segala karunia dan berkatNya yang dilimpahkan, terlebih tlah menyatukan kita sebagai anggota keluarga Allah.

 

 

 

Oratio :                       

Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu atas rahmatMu yang menyatukan kami sebagai anggota GerejaMu, yang Engkau kerjakan melalui para RasulMu yang kudus. Semoga kami semakin merasakan karyaMu yang menyatukan kami sebagai umatMu.  

Santo Simon dan Yudas, doakanlah kami. Amin

 




Contemplatio :                    

'Kita bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru'.

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Raya Pentakosta

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembaptis

Pesta Maria mengunjungi Elizabet