Kamis dalam Pekan Adven II, 12 Desember 2013

Yes 41: 13-21  +  Mzm 145  +  Mat 11: 11-15

 

 

Lectio :

Pada waktu itu Yesus mengajar banyak orang, kataNya: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan -- jika kamu mau menerimanya -- ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

 

 

Meditatio :

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis'. Itulah pujian Yesus terhadap Yohanes. Apakah dia lebih besar dari Abraham, Musa dan Elia? Penyataan Yesus itu tidaklah dimaksudkan untuk membanding-bandingkan dengan tokoh lain. Yesus hanya ingin menyatakan betapa hebat dan agungnya Yohanes Pembaptis itu. Dia mempunyai peran yang amat besar dalam karya penyelamatan.  'Namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya', tambah Yesus. Siapakah mereka? Mereka memang orang-orang yang masuk dalam hitungan diselamatkan, tetapi tidak terdengar suaranya dalam Kerajaan Surga. Sekali lagi, penyataan Yesus tidak juga dimaksudkan demikian. Yesus hanya hendak mengatakan bahwasannya kehebatan dunia berlawanan dengan kehebatan surgawi. Mereka mungkin tak terpandang dan tak punya nama di dunia ini, bahkan termasuk orang-orang yang disingkirkan, tetapi mereka adalah orang-orang yang melaksanakan sabda dan kehendak Tuhan, karena memang mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Tuhan sang Empunya kehidupan.

'Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya'. Penyataan Yesus menegaskan bahwasannya ada beberapa orang yang berusaha mengalihkan perhatian banyak orang yang memang merindukan Kerajaan Surga. Mereka mengalihkan pada hal-hal ritual, yang hanya sebatas kepuasan jiwa. Itulah yang dilakukan oleh orang-orang Farisi dan para ahli Taurat. Mereka mengajarkan hukum Taurat, tetapi tidak melakukannya. Mereka adalah orang-orang munafik. Mereka meniadakan Kerajaan Surga, karena memang mereka hanya mencari kenyamanan diri.  

'Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

Yesus berbicara tentang Yohanes Pembaptis. Yesus mengajak kita untuk berani mengakui keberadaan orang lain apa adanya.




Oratio :

 

Ya Yesus Kristus, bantulah kami agar di masa adven ini dalam menyambut kedatanganMu, kami dapat mencapai kedamaian hati melalui sikap tobat dan berbuat kasih terhadap sesama yang ada di sekitar kami.  Amin




Contemplatio :

"Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!".




 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening