Selasa dalam Pekan Adven II, 10 Desember 2013


Yes 40: 1-11  +  Mzm 96  +  Mat 18: 12-14

 

 


Lectio :

Pada waktu itu Yesus mengajar banyak orang, kataNya: "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang."

 

 

Meditatio :

'Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Aku berkata kepadamu: sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat'.

Itulah tugas seorang gembala yang mencari dan mencari. Seorang gembala harus mencari domba-dombanya yang hilang. Bagaimana dengan domba-domba yang menghilangkan diri, bukankah mereka itu tidak hilang? Yang hilang memang harus dicari, tetapi apakah yang menghilangkan diri masih harus dikejar dan dikejar?

Gembala mencari domba, karena mereka tidak mau kehilangan ternak, harta miliknya (Yes 40: 10-11). 'Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang', tegas Yesus. Sebab Allah telah menciptakan umatNya. Sense of belonging Allah amat tinggi. Segala yang dimilikiNya tidak ingin satu pun hilang dan binasa. Allah menghendaki semua orang yang telah menjadi milikNya itu selamat. Tuhan Allah 'supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada' (Yoh 14: 3).

Adven adalah kesempatan merenungkan bersama kerinduan kita untuk menikmati kehadiranNya. Dia 'akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada', dan kita diminta menanggapiNya dengan penuh harapan dan sukacita. Kita memang bukanlah termasuk domba-domba yang hilang atau yang menghilangkan diri, kita adalah orang-orang yang keselamatan yang dijanjikan. Mereka yang hilang dan tersesat dicariNya, tentunya kita orang-orang yang merindukanNya pasti akan mendapatkan perhatianNya. Adven kiranya dimengerti bahwa Dia datang untuk mencari dan mencari kita, agar kita beroleh selamat bersama denganNya.




Oratio :

 

Ya Yesus Kristus,  Engkau sungguh Gembala yang tidak menghendaki seorangpun dari kami lepas dan hilang dari pandanganMu, bantulah agar kamipun siap menikmati kehadiranMu yang menyelamatkan itu.  Amin






Contemplatio :

'Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat'.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening