Jumat dalam Masa Natal, 3 Januari 2014

1Yoh 2:29 – 3:6  +  Mzm 98  +  Yoh 1: 29-34

 

 

Lectio :

Suatu hari Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."

Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 

 

Meditatio :

Setelah Yohanes menyatakan siapakah dirinya dan Dia yang datang sesudah dirinya, yang membuka tali sandalNya saja dia tidak merasa pantas, datanglah Yesus kepadanya; dan kepada orang-orang yang berdiri di sekitarnya, berserulah dia: 'lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku'. Yohanes langsung menunjuk kepada Yesus. Dia tidak merasa minder dengan kedatanganNya. Dia menyatakan secara lugas dan jujur. Yohanes mengerti sungguh bahwa Dia datang bukan untuk bersenang-senang, melainkan untuk menjadi Anak Domba yang dikurbankan bagi Allah. Dia memang dipersiapkan untuk itu. Kalau Ishak memang tidak tahu akan dikurbankan oleh ayahnya, sedangkan Yesus tahu benar bahwa memang Dia akan menjadi Kurban yang hidup dari Bapa yang mengutusNya. 'Aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel'. Jadi mulai kapan Yohanes mulai mengenal Dia? Bukankah pada waktu di dalam Rahim sang ibu dia sempat melonjak kegirangan ketika sang ibu mendapatkan kunjungan Maria? Kuasa Roh Kudus menyatukan mereka sehingga mereka saling mengenal satu sama lain, bukankah mereka digerakkan oleh Roh yang satu dan sama?

'Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya', tambah Yohanes kepada mereka semua. 'Aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus'.  Yohanes telah mendapatkan ketegasan ilahi bagaimana menemukan Dia yang harus dipersiapkan kehadiranNya, mereka sekali lagi sebelumnya tidak pernah bertemu secara kasad mata; dan kini Yohanes melihat sendiri Roh Allah turun atas Dia, sang Mesias, yang agung dan mulia itu. Dengan demikian sempurnalah pengenalan yang dimilikinya: yang diimani dan yang dilihatnya. Sungguh, 'aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah'. Dia adalah Allah yang menjadi Manusia. Dialah Anak yang diutus Allah. Dialah Anak Allah.

Berkat penunjukkan Yohanes, kita memang mengenal Anak Allah, dan bahkan berkat kematian dan kebangkitan sang Anak Domba Allah inilah kita yang adalah manusia ini diangkat dan menjadi anak-anak Allah, sebagaimana dikatakan dalam surat pertama Yohanes; bahkan bila kita semakin hari semakin setia berharap kepadaNya, kita dijadikan suci dan kudus sebagai Dia adalah kudus AdaNya (bab 3: 3). Kiranya masa Natal terus mengingatkan kita bersama untuk semakin berani berharap kepadaNya, sebab bagaimana kita dapat menyambut Dia yang akan menyatakan diriNya kembali (3: 2), bila sekarang ini kita tidak berharap dan merindukan Dia. Kerinduan kita kepada sang Anak Allah membekali diri kita untuk siap sedia menyambutNya.




Oratio :

Ya Yesus Kristus, karena penebusanMu Kau angkat kami menjadi anak-anakMu, bantulah kami agar semakin mendalami pengenalan akan Engkau melalui sabdaMu, serta semakin berani berharap dalam menantikan kedatanganMu kembali. Amin.





Contemplatio :

'Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia'.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening