Jumat dalam Pekan Prapaskah V, 11 April 2014

Yer 20: 10-13  +  Maz 18  +  Yoh 10: 31-42

 

 

 

 

 

Lectio :


Sekali peristiwa untuk sekian kalinya orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.  Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?" Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah allah?  Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,  tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ.  Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar." Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

 


 

 

Meditatio :


"Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah". Itulah komentar banyak orang yang hendak melempari Yesus dengan batu; bukan karena perbuatan baikNya, dan juga bukan pelanggaran hari Sabat, melainkan karena Yesus menyamakan diri dengan Allah. Orang Nazaret ini menghujat Allah.


Orang yang banyak berbuat baik dan selalu menyelamatkan sesama saja sering disebut "allah", sebagaimana tertulis dalam kitab Taurat, apalagi tentunya "Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia" sahut Yesus kepada mereka semua. Masihkah kalian menuduh Aku menghujat Allah. "percayalah akan pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan", sebab pekerjaan-pekerjaan itulah yang diberikan oleh Bapa.; dan Aku dapat mengerjakan semuanya itu, karena "Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa". Sebab sebenarnya dengan melihat dan merasakan segala pekerjaan yang dibuatNya, mereka semuanya seharusnya bisa berkata:  "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar", sebagaimana dikatakan oleh orang-orang yang berada di seberang sungai Yordan, tempat Yohanes membaptis banyak orang. Yesus memang menampilkan diri sebagai Pahlawan, yang membuat segala-galanya indah adanya, sebagaimana digambarkan oleh Yeremia (bab 20), tetapi bukan dengan kekerasan atau pedang, melainkan dengan kelembutan dan kasih.


Mendengar jawaban Yesus, bukannya mereka semakin percaya, malahan melawanNya. Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Semuanya tidak akan terjadi, karena waktunya belum tiba.

 

 


 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, teguhkanlah iman kami kepadaMu lewat pewartaan yang kami dengar tentang perbuatan dan ajaranMu di kitab suci, dan percaya, bahwa Engkaulah sang Penyelamat, Mesias, meskipun kami tidak melihat secara langsung segala perbuatan ajaib yang Engkau lakukan, tapi kami tahu kehadiran dan penyertaanMu dalam setiap hal di hidup kami. Amin

 

 

Contemplatio :

‘Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa’.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening