Kamis dalam Pekan Suci, 17 April 2014

Yes 6: 1-9  +  Why 1: 5-8  +  Luk 16-21

 

 

 

 

Lectio :

 

Suatu hari Yesus datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.  Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:  "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

 

 


 

Meditatio :

 

'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku', tegas Yesus kepada mereka yang mendengarkan Dia dalam bait Allah. Yesus mengatakan demikian, karena memang Dia datang bukan atas kehendakNya sendiri, melainkan atas kehendak dan kemauan Allah, sang Pencipta, Bapa di surga. Yesus datang dalam kasih dan penyertaan Roh Allah yang hidup.

 

Dia datang 'untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin', dan bukan kepada orang-orang kaya. Kaum miskin adalah orang-orang membutuhkan kasih dan rahmat Allah, orang-orang yang yakin bahwa tanpa Allah mereka tak dapat berbuat banyak. Orang-orang kaya yang dimaksudkan di sini adalah mereka yang tidak membutuhkan siapa-siapa, dan menolak sesamanya.

 

Dia datang untuk 'memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan', yakni mereka yang ditawan oleh kuasa dosa, malahan mereka ini adalah orang 'yang tertindas', karena beratnya kuk yang harus mereka panggul. Yesus malahan tak segan-segan mendatangi mereka, merangkul mereka dalam pelukan kasih yang menyelamatkan. Semua dilakukanNya karena Allah menghendaki semua orang beroleh selamat. Yesus juga memberikan 'penglihatan bagi orang-orang buta', agar mereka mampu melihat yang benar dan baik dalam hidup ini. Hidup dalam terang memampukan setiap orang melihat dan menikmati segala yang indah dan baik dari kasih Tuhan, yang memang terpancar dalam setiap ciptaanNya.

 

Terlebih-lebih, Yesus 'memberitakan  tahun rahmat Tuhan telah datang', sebab kehadiranNya dalam sejarah dunia, sang Anak Manusia hendak mengarahkan dunia ini untuk kembali menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh ciptaanNya, yakni Firdaus mulia. Yesus mengarahkan sejarah manusia pada kepenuhan waktu, sebab memang Dialah Alfa dan Omega dalam perjalanan hidup ini.

 

  

 

 

Oratio :

 

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur atas rahmat kasihMu dalam hidup ini, bantulah kami selalu dengan Roh KudusMu, agar kami dapat  membagikan sukacita yang kami alami kepada sesama, sehingga merekapun memperoleh keselamatan yang berasal daripadaMu.  

Berkatilah secara istimewa para Imam kami, agar mereka semakin hari semakin setia kepadaMu, sebagaimana mereka wujudkan dalam karya pelayanan mereka bersama para UskupMu. Amin

 

 

 

 

Contemplatio :

 

'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin'.

 

 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening