Jumat dalam Pekan Paskah IV, 16 Mei 2014


Kis 13: 26-33  +  Mzm 2  +  Yoh 14: 1-6

 

 

 

Lectio :

Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.  Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."  Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

 

Meditatio :

'Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku'. Pinta Yesus kepada para murid, kepada kita semua, agar kita tidak kuatir dan gelisah. Hendaknya kita berani menaruh perhatian dan harapan hanya kepadaNya, sebab memang,  'di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal', tambah Yesus. 'Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu' tambah Yesus memberi kepastian. 'Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu; dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada'.  Yesus menghendaki agar kita semua selalu tinggal bersamaNya. Allah yang begitu agung mulia menghendaki kita manusia yang penuh dengan dosa ini agar berani tinggal bersamaNya. Yesus menghendaki kita ada bersamaNya. Ada bersama di suatu tempat, yakni di rumah Bapa; bagaimana bentuk rumah Bapa, tidak diceritakan Yesus, tetapi yang jelas sungguh banyak tempat untuk tinggal bersamaNya. 'Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ', tegas Yesus. Yesus yakin setiap orang dapat dengan mudah sampai ke tempat yang indah dan mulia itu.

'Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?', pertegas Tomas kepada sang Guru.  'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup', tegas Yesus. Yesus tidak menegur  Tomas seperti Filipus, yang sudah begitu lama berkumpul denganNya tetapi tidak tahu siapakah Dia (Yoh 14: 9). Bukankah Yesus juga baru saja menegaskan bahwa DiriNya adalah Pintu? 'Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'. Penegasan Yesus memberitahukan Siapakah DiriNya itu. Dia bukan saja seorang Mesias. Dia adalah  Jalan menuju Bapa, sang Keselamatan. Orang dapat sampai kepada Bapa hanya melalui DiriNya, karena memang Yesuslah Dia yang diperanakkan (Maz 2) oleh Allah Bapa di surga, Dia yang adalah Allah menjadi Anak Manusia, sama seperti manusia pada umumnya, kecuali dalam hal dosa.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, kami bersyukur kepadaMu sebab melalui Engkau kami boleh semakin mengenal Bapa. dan kami pun mendapatkan kepastian jaminan untuk tinggal bersama Bapa kelak di surga.

Yesus, padaMu kami percaya.  Amin

 

 

Contemplatio :

'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku'.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening