Rabu dalam pekan Paskah III, 7 Mei 2014

Kis 8: 1-8  +  Mzm 66  +  Yoh 6: 35-40

                                                                                          

 

 

Lectio :

Pada suatu hari berkatala Yesus:  'Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya.  Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.  Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.  Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.  Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman'.

 

 

Meditatio :

'Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya', tegas Yesus kepada mereka yang meminta tanda. Yesus tidak memberikan tanda-tanda baru kepada mereka, karena memang kehadiran dan keberadaan diriNya sendiri adalah wujud nyata bahwa Allah ada di pihakNya, dan Allah hadir di tengah-tengah umatNya. Penyataan ini disampaikan karena memang mereka melihat dan mendengar siapakah diriNya, berkumpul dan bergaul bersama, tetapi mereka tidak percaya. Padahal,  'semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang'. Yesus tidak mengabaikan kepercayaan yang telah diberikan Bapa kepadaNya; malah kedatanganNya ke dunia, 'turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku'.   Yesus datang hanya melaksanakan satu tugas perutusan, yakni melaksanakan kehendak Bapa.

'Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman untuk beroleh hidup yang kekal'. Penyataan Yesus amat jelas, bahwa Dia datang untuk menyelamatkan, dan itulah memang artinya namaNya yang indah itu, Yesus, Allah Menyelamatkan. Benarlah juga bila Dia menyatakan Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepadaKu akan hidup selama-lamanya (Yoh 11).  Kepercayaan kepada sang kehidupan akan mendatangkan kehidupan kekal.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, kehadiranMu dalam Ekaristi sebagai Roti yang menghidupkan kiranya semakin menguatkan iman kami. Apapun keberadaan kami, kami boleh mengalami cintaMu yang menyelamatkan. Amin

 

 

Contemplatio :

'Inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman'.

 

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening