Rabu dalam Pekan Paskah VI

28 Mei 2014


Kis 17:22 – 18:1  +  Mzm 148  +  Yoh 16: 12-15

 

 

 

Lectio :

Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.  Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku".

 

 

Meditatio :

'Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya', tegas Yesus kepada para muridNya. Yesus amat memahami kelemahan dan keterbatasan para muridNya.  'Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran'. Roh Kudus akan membantu para muridNya untuk mencapai kebenaran.  'Sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Segala sesuatu akan dinyatakan oleh Roh Kudus, karena memang Roh Kebenaran itu adalah Roh Kristus sendiri. Allah Bapa yang satu dalam Putera dan Roh Kudus akan meneguhkan setiap orang yang setia melakukan kehendakNya. Segala rencana dan kehendak Allah akan semakin dinyatakan kepada orang-orang yang membiarkan diri dibimbing oleh Roh Kudus.  'Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku'. Penyataan ini dikatakan Yesus sekali guna menyatakan kesatuan Bapa, Putera dan Roh Kudus. Dialah Tritunggal Mahakudus.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, Engkaulah jalan, kebenaran dan hidup, kami bersyukur atas pendampinganMu melalui Roh Kudus, yang Engkau utus kepada kami, yang akan semakin meneguhkan dan menuntun kami dalam memberikan kesaksian tentang kehadiranMu yang menyelamatkan.  

Kuasailah kami dengan Roh KudusMu, ya Yesus. Amin

 


Contemplatio:

'Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran'.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening