Sabtu dalam Pekan Paskah V

24 Mei 2014


Kis 16: 1-10  +  Mzm 100  +  Yoh 15: 18-21

 

 

 

Lectio :

Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.  Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.  Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku".

 

 

 

Meditatio :

'Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu', tegas Yesus meneguhkan para muridNya. Yesus berkata demikian karena Yesus mengetahui akan apa yang terjadi pada diri muridNya. 'Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya, tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu'. Yesus tahu resiko yang harus diterima oleh para muridNya, karena keberanian mereka mengikuti diriNya, keberanian mereka menerima keterpilihan yang dijatuhkan Allah pada diri mereka. Dipilih Allah mendatangkan rahmat dan berkat, dipilih Allah merupakan kesempatan yang luas untuk mengalami kasihNya, yang mulia; tetapi para murid diingatkan, bahwa keterpilihan mereka tidak membebaskan mereka dari teriknya matahari dan guyuran hujan deras, bahkan tak jarang kecelakaan diri pun bisa terjadi terhadap diri, yang mungkin karena keteledoran orang lain.

'Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'. Apa yang dialami oleh Yesus akan mereka alami juga, malahan predikat mereka, walau tak dapat disangkal segala yang mereka alami tidaklah seberat dengan yang sang Guru rasakan. Namun Yesus tetap mengingatkan segala kebaikan yang diterimaNya, juga akan dinikmati oleh mereka. 'Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku'.  Semua yang tidak mengenakkan itu harus terjadi, pertama,  hanya gara-gara namaNya sang Tuhan Empunya kehidupan ini, karena memang kehadiranNya 'menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan' (Luk 2: 34); dan yang kedua, mereka dengan sengaja melawan dan menentang,  'sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku". Tidak kenal maka tak sayang.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, Engkau memilih kami untuk siap sedia menerima salib bersamaMu, Engkau tahu kemampuan dan resiko yang akan kami hadapi,  tetapi kami percaya Engkau sendiri yang akan memampukan kami, sehingga kami mampu menjadi berkat bagi sesama kami. Amin

 

 

Contemplatio :

'Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu'.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening