Selasa dalam pekan Paskah IV, 13 Mei 2014

Kis 11: 19-26  +  Mzm 87  +  Yoh 10: 22-30

 

 

 

Lectio :

Ketika tiba hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.  Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.  Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."  Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,  tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.  Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,  dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.  Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."

 

 

Meditatio :

'Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami'. Inilah permintaan orang-orang Yahudi terhadap Yesus, Orang Nazaret, yang hebat dan luar biasa ini. Hanya saja, selama ini sang Guru ini belum menyatakan dengan tegas bahwa Dia adalah Mesias Putera Allah yang hidup. Sepertinya Yesus pernah menyatakan, walau mungkin tidak dengan lurus-lurus menyatakannya. Bukankah  'Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya?'. Memang tak dapat disangkal, Yesus selalu melarang setiap orang yang telah disembuhkan dari penyakit untuk berkata-kata tentang DiriNya.  'Pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,  tetapi kamu tidak percaya'. Kepercayaan amatlah penting untuk mendapatkan pemahaman tentang Kristus Tuhan, untuk semakin mengenal siapakah diriNya itu.

Yesus pun akhirnya mengakui bahwasannya mereka tidak percaya, 'karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku'.   Sebaliknya, 'domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,  dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku'.  Mereka yang termasuk dalam kawanan sang Gembala memang sungguh-sungguh mendapatkan fasilitas hidup yang berlimpah, yakni hidup kekal. Pengenalan dengan sang Gembala mendatangkan berkat yang sungguh-sungguh luar biasa. Orang-orang yang percaya kepada Yesus, tak ubahnya bagaikan kawanan domba yang selalu mengikuti ke mana sang Gembala berjalan di depan mereka. Mereka adalah milik kesayangan dari sang Gembala agung. Mereka adalah pemberian Bapa kepadaKu.  'Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu'.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, mampukan kami agar semakin tekun dalam merenungkan sabdaMu dan masuk dalam keheningan doa, sehingga mampu mengenali suaraMu yang senantiasa memanggil dan menyertai dalam setiap langkah hidup kami, supaya kami tidak tersesat dan jauh daripadaMu.  Amin

 

 

Contemplatio :

'Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,  dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka'.

 

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening