Kamis dalam Pekan Paskah VII

5 Juni 2014


Kis 23: 6-11  +  Mzm 16  +  Yoh 17: 20-26

 

 

 

Lectio :

Suatu hari Yesus menengadah ke langit dan berkata: 'bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;  supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:  Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.  Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;  dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka'.

 

 

 

Meditatio:

'Ya Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka', tegas Yesus. Bukan hanya untuk keduabelas Rasul Yesus berdoa, tetapi kepada semua orang yang percaya kepadaNya berkat pemberitaan mereka. Yesus berdoa untuk kita semua, pertama 'supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau; kedua, agar mereka juga di dalam Kita, dan ketiga, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Itulah ketiga alasan mengapa Yesus mendoakan semua orang yang percaya kepadaNya.  'Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:  Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku'. Yesus ingin segala yang dinikmatiNya  dari dan dalam Bapa juga dirasakan oleh semua orang.

'Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku', tambah Yesus, yang memang sepertinya menjadi alasan keempat mengapa Yesus mendoakan kita semua. Dan yang kelima, yakni agar  'mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan'; dan keenam adalah 'supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka'.

Bisakah umat manusia bersatu dengan dan dalam Allah? Secara teoritis tidaklah bisa semuanya itu terjadi, karena memang kodratnya berbeda. Namun tak dapat disangkal, tidak ada ciptaan yang mampu melawan dan mengalahkan sang Empunya kehidupan ini. Bukankah tidak ada yang mustahil bagi Allah.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, ajarilah kami agar semakin mempunyai kerendahan hati dalam berdoa, tidak hanya untuk diri sendiri,  tetapi terutama selalu ingat untuk mendoakan orang lain yang sedang membutuhkan doa-doa kami,  yang menguatkan mereka.

Santo Bonifasius, doakanlah kami.  Amin

 

 

Contemplatio :

'Bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka'.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening