Sabtu dalam Pekan Biasa XVI, 26 Juli 2014


Sir 44: 10-15  +  Mzm 132  +  Mat 13: 16-17

 

 


Lectio :

Pada suatu hari bersadalah Yesus: 'berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.  Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya'.

 

 

 

Meditatio :

'Berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar', sabda Yesus. Kenapa berbahagia? Adakah yang kekhususannya? Yesus menegaskan: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya'. Para murid disapa sebagai yang berbahagia, karena ternyata apa yang mereka lihat dan mereka dengar sekarang ini telah menjadi  kerinduan banyak nabi dan orang-orang benar. Mereka benar-benar ingin melihat dan mendengar. Melihat dan mendengar apa sebenarnya? Melihat dan mendengar Tuhan sendiri yang bersabda. Mereka ingin berjumpa dengan Dia yang jauh di sana itu. Dia yang bertakhta di surge. Kini Dia hadir di tengah-tengah umatNya. Dia bias diraba dan disentuh. Dia bisa didengar dan dilihat. Dialah Yesus Kristus Tuhan kita.

Apakah kita juga orang-orang yang beruntung, mengenal Dia sang Empunya kehidupan? Bukan saja mengenal; kita malahan adalah orang-orang yang dikenal olehNya. Dia mendahului kita mengenal diri kita masing-masing. Semenjak dalam kandung ibumu, Aku telah mengenal engkau. Kita mendapatkan rahmat penebusan dan kasihNya, karena kematian dan kebangkitanNya dari alam maut. Berkat rahmatNya yang mulia, kita diangkat menjadi saudara dan saudariNya, putera-puteri Bapa di surga, dan Dialah Putera sulung dari banyak saudara (Rom 8: 29). Kita tidak hanya melihat dan mendengarNya, kita malahn diijinkan tinggal bersamaNya.

Kita nikmati rahmatNya yang indah itu.

 

 

Oratio :

Ya Tuhan Bapa di surga, Engkau memperkenalkan diriMu, melalui Yesus Kristus. Kami boleh mengenal Engkau, malah Engkau yang secara sengaja mendahului mengenal dan mencari kami. Ajarilah kami, Bapa, untuk semakin berani mengenal Dia PuteraMu dan Penyelamat kami.

Santo Yoakhim dan Anna, doakanlah kami. Kami yakin engkau berdua selalu memperkenalkan Allah kepada Maria, sehingga dia engkau kandung tanpa noda, dan mudah mengenal sang Putera.  Amin

 

 

Contemplatio :

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya'.  

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening