Pesta Santo Mikel, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung

29 September 2014

Dan 7: 9-14  +  Mzm 138  +  Yoh 1: 47-51


 


Lectio :

Ketika berjumpa Natanael, Filipus berkata kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."  Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."  Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

 

Meditatio :

'Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!', tegas Yesus tentang Natanael yang datang diajak Filipus. Yesus memuji bahagia satu orang Israel ini. Natanael adalah seorang yang benar dan jujur. 'Bagaimana Engkau mengenal aku?', sahut Natanael. Bukankah baru sekarang ini kita jumpa?  'Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara', tegas Yesus. Hebat kali Orang satu ini. Dia telah mengenal aku, sebelum aku berjumpa denganNya. 'Guru, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!'. Karena hanya Allah yang dapat mengenal dan memahami manusia jauh-jauh sebelumnya, sebagaimana dikatakan pemazmur sendiri: 'Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.  Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.  Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN' (Mzm 139: 2-4).

'Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya?',  tegas Yesus. Baru melihat seperti itu saja, engkau begitu takjub,  'Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu', tambah Yesus yang sungguh-sungguh menjanjikan. Yesus berkata demikian, karena Yesus tahu betapa besar iman yang sedang tumbuh dan berkembang dalam diri Natanael. Hal-hal apakah yang akan diperlihatkan itu? Ini, tegas Yesus, 'sungguh engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia'. Natanael diajak untuk berada di Betel (Kej 28) sebagaimana dialami sendiri oleh Yakub. Penyataan ini sungguh-sungguh menyatakan siapakah sebenarnya Orang yang ada di hadapan Natanael ini; dan Yesus sendiri secara tegas siapakah sebenarnya Anak Manusia, diriNya sendiri itu. Dia adalah Anak Manusia yang menampakkan diri kepada Daniel (Dan 7:9-14), di mana 'Anak Manusia  datang  kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan Dia dibawa ke hadapan-Nya.  Lalu diberikan kepadaNya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai Raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadaNya. KekuasaanNya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan Kerajaannya ialah Kerajaan yang tidak akan musnah'.

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, Engkau mengenal kami dengan baik sebab Engkaulah yang menjadikan kami. Ajarilah kami untuk memahami sabdaMu agar dapat melihat kemuliaanMu, yang hadir selalu di tengah-tengah kami.

Santo Mikael, Rafael dan Gabriel, doakanlah kami. Amin

 

  

Contemplatio :

'Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!'.

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening