Selasa dalam Pekan Biasa XV, 23 September 2014


Ams 21: 1-13  +  Mzm 119  +  Luk 8: 19-21

 

 

 

Lectio :

Suatu hari datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.  Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau."  Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

 

 

 

Meditatio :

Suatu hari ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.  Untuk apa ibu da saudara-saudariNya datang? Apa karena mereka merasa ditinggal terus? Saudara dan saudariNya yang mana,  bukankah Dia adalah Anak tunggal dari pasutri Yusuf dan Maria? Pasti yang  dimaksudkan saudara dan saudari Yesus adalah mereka yang dekat dengan keluarga Maria atau Yusuf, dan bukannya saudara sekandung. Banyaknya orang yang mendengarkan sang Guru, membuat Maria dan saudara-saudariNya terhalang menjumpaiNya.  Orang memberitahukan kepada-Nya; entah siapa orang yang memberitahukan itu, yang jelas dia benar-benar bermakssud baik untuk memberitahukan kepada Dia yang dicari.  'Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau'.  

'Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya', sahut Yesus. Apakah dengan ucapanNya ini berarti Yesus menolak sang ibu dan saudara-saudariNya? Sepertinya ukuran saudara dan saudari Yesus, bukanlah kedekatan biologis atau pun kerukunan dalam hidup bertetangga, melainkan keterpautan seseorang terhadap sang Empunya kehidupan. Sabda Allah yang menyatukan semua orang untuk beroleh kehidupan dan keselamatan. Sebab hanya dengan melakukan sabda dan kehendakNya seseorang menjadi 'anak-anak Bapa di surga' (Mat 5: 45), bahkan kematian pun tidak akan memisahkan persaudaraan kita, sebab 'baik hidup atau mati kita milik Tuhan' (Rom 14).

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, di dalam pergaulan  sehari-hari kami seringkali mengelompokkan diri, bahkan kami sering beranggapan komunitas kami, dan bukan komunitas lain, yang paling benar dan hebat. Mampukanlah kami semakin memahami sabdaMu, dan merasakan kehadiranMu yang menyalamatkan itu dalam diri sesama kami. Amin.

 

 

Contemplatio :

'Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya'.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening