Senin dalam Pekan Biasa XXVIII, 13 Oktober 2014


Gal 4: 22-27  +  Mzm 113  +  Luk 11: 29-32

 


 

Lectio :

Pada suatu kali ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.  Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!".

 

 

Meditatio :

'Angkatan ini adalah angkatan yang jahat', tegas Yesus. Yesus tidak berkata tentang orang-orang yang jauh di sana, melainkan tentang mereka yang berdiri mengelilingiNya. Berani sungguh Yesus. Dia tidak takut, kalau-kalau mereka melempari diriNya dengan batu. Bukankah Dia mengecam mereka? Mereka yang mengelilingiNya adalah orang-orang  jahat, karena mereka menantang Yesus, 'mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus'.  Tanda yang bagaimana sebetulnya? Bukankah Dia selalu membuat tanda-tanda mukjizat di depan banyak orang? Yesus tidak akan memberi tanda apapun. Cukuplah tanda  nabi Yunus saja. Sebab sepertinya mereka sebelumnya membandingkanNya dengan nabi Yunus yang hebat itu. Namun 'seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini'. Memang tak dapat disangkal, bagi mereka orang-orang sejamanNya, mereka pasti tidak tahu apa yang dimaksud dengan Anak Manusia akan menjadi tanda bagi mereka, sebagaimana dilakukan Yunus bagi orang-orang Niniwe. Misteri kematian dan kebangkitan Yesus kiranya yang akan menjadi Tanda bagi orang-orang sejaman Yesus, dan bagi seluruh umat manusia yang menjadi tujuan dari tugas perutusan yang diembanNya. 

'Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!', tegas Yesus. Sebab memang Anak Manusia yang hadir di depan mata mereka adalah Allah sendiri yang menjadi manusia. Demikian juga, Anak Manusia 'yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'. Persoalannya, mengapa mereka tidak datang dan belajar dari Yesus yang adalah Kebijaksanaan Allah sendiri. Bukankah Dia telah mengundang dan mengundang untuk datang kepadaNya, sebab Dia lemah lembut dan murah hati? Mengapa mereka juga tidak mau bertobat; kalau sekedar Yunus memberi kesaksian hidup, mengapa mereka semua yang mengelilingiNya sekarang ini tidak mau bertobat dengan mengamini segala yang menjadi kehendakNya?

 

 

Collatio :

'Saudara-saudara, kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan'  (Gal 5: 1). Itulah permohonan Paulus kepada kita orang-orang yang telah menikmati Tanda agung dari Kristus sang Mesias. Dia telah menjadi tebusan bagi seluruh umatNya, kiranya kita selalu menggunakan rahmat indah yang telah dilimpahkanNya kepada kita. Kalau orang-orang sejaman Yesus tidak mengenal Salomo dan Yunus yang sebenarnya, karena memang mereka belum mengenal Tanda agung itu, tentunya berbeda dengan kita yang sudah mengenal sang Mesias, Tanda agung dan mulia itu. Baiklah kita selalu memandang Anak Manusia yang kebijaksanaanNya mengatasi Salomo, dan berani datang kepadaNya, karena memang Dia selalu mengundang kita untuk belajar daripadaNya.

 

 

Oratio :

Yesus Kristus, Engkaulah kebijaksanan Allah yang datang ke dunia hendak menyelamatkan seluruh umat manusia. Ajarilah kami untuk datang kepadaMu, mendengarkan sabdaMu, sebab Engkau satu-satunya Jalan menuju Bapa di surga. Amin.

 

 

Contemplatio :

'Sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!'.

 

 

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening