Kamis dalam Pekan Adven II, 11 Desember 2014


Yes 41: 13-41  +  Mzm 145  +  Mat 11: 11-15

 

 

 

Lectio :

Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.  Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.  Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes  dan -- jika kamu mau menerimanya -- ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

 

 

 

Meditatio :

'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya'.  Bila demikian, apakah boleh diartikan bahwa Yohanes Pembaptis itu termasuk orang besar dalam Kerajaan Surga, sebab bukankah ada orang yang lebih kecil dari dia di dalam Kerajaan Surga, yang memang ketika hidup di dunia ini dia lebih besar dari Yohanes Pembaptis? Bagaimana dengan Maria, apakah Maria tidak lebih besar dari Yohanes Pembaptis? Bukankah Maria dikandung tanpa noda?

'Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya'. Siapakah yang dimaksudkan hendak menyerong Kerajaan Sorga, dan bahkan hendak menguasainya? Adakah yang mampu menyerong hak  milik Allah? Atau memang orang-orang yang mengalihkan perhatian umat manusia terhadap Kerajaan Sorga; mereka mengalihkan perhatian umat Allah kepada aneka hal duniawi yang memang lebih menarik kecenderungan banyak  orang?  'Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes'. Semua nabi memang menyatakan kebenaran ilahi, sebab memang itulah tugas perutusan yang mereka dari Tuhan sang Empunya kehidupan. Mereka tidak takut dan gentar menghadapi aneka kuasa manusia, sebab mereka hanya menunjukkan bahwa hanya Allah yang patut disembah dan dimuliakan. Yohanes adalah nabi terakhir sebelum kedatangan Anak Manusia. Dialah yang menjadi pintu gerbang Kerajaan Baru. 'Dialah Elia yang akan datang itu'.

'Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

 

 

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, bantulah kami menjadi pendengar sabdaMu. Amin.

 

 

Contemplatio :

'Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!'.

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening