Rabu dalam Pekan Adven II, 10 Desember 2014


Yes 40: 25-41  +  Mzm 103  +  Mat 11: 28-30

 

 

 

Lectio :

Bersabdalah Yesus kepada para muridNya: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'.

 

 

Meditatio :

'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu'.  Kelegaan yang bagaimana yang hendak diberikan Yesus? Apakah Yesus akan meringankan beban yang dipanggul para murid? Atau malah Yesus mengambil semua salib yang dipikul para muridNya?  

'Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'. Kelegaan yang diberikan Yesus ternyata kuk atau beban yang dimilikiNya sendiri, yang tentunya lebih ringan daripada kuk yang dipanggul oleh para muridNya. Bagaimana memikulnya, Dia akan mengajarinya; malahan para murid diminta untuk belajar daripadaNya, karena memang Dialah sang Empunya kehidupan, yang tahu dengan baik hidup ini. Dia terbuka bagi setiap orang yang ingin belajar, yang memang semuanya dimaksukan agar   jiwamu akan mendapat ketenangan , mendapatkan sukacita dan bahagia.

'Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan'. Yesus meyakinkan para murid berani memikul beban yang diberikanNya, karena bebanNya itu enak dan ringan. Beban Kristus yang mana yang benar-benar ringan? Perintah Allah mana yang dengan mudah dilakukan oleh umatNya, dan bahkan digemari banyak orang, karena ringan adanya?

 

 

 

Oratio :

Ya Yesus Kristus, Engkau mengerti keberadaan kami masing-masing, Engkau pun tahu kekuatan kami. Engkau kini mengundang kami untuk berani meminta bantuan daripadaMu, dan malahan belajar tentang kehidupan ini. Semangatilah kami, ya Yesus, untuk selalu berani memilih yang terbaik bagi hidup kami. Amin.

 

 

Contemplatio :

'Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan'.

 

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening