Sabtu dalam Pekan Paskah IV, 2 Mei 2015


Kis 13: 44-52  +  Mzm 98  +  Yoh 14: 7-14

 

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'Aku berkata kepadamu: sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."  Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."  Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.  Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;  dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

 

 

 

Meditatio

'Aku berkata kepadamu:  sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia'. Penegasan Yesus hendak menyatakan Siapakah diriNya itu, dan bagaimana relasiNya dengan Bapa. Yesus selalu menghadirkan Bapa dalam setiap karyaNya, karena memang Dia tidak pernah melakukan kehendakNya sendiri, melainkan kehendak Bapa yang mengutusNya.  Kata Filipus kepada-Nya: 'Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami'. Sebuah permintaan yang amat aktual dan pragmatis. Sahut Yesus kepadanya: 'Filipus, Filipus,  telah sekian lama Aku bersama-sama kamu,  namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?', Yesus berkata demikian, karena memang jauh sebelumnya Dia telah menegaskan siapakah diriNya, bagaimana relasi sang Anak dengan Bapa yang mengutusNya. Bukankah Anak dan Bapa adalah Satu? Sepertinya Filipus lupa atau tidak menaruh perhatian akan pesan yang telah disampaikan sang Guru kepada para muridNya.  

'Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.  Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri'  tambah Yesus. Yesus meminta untuk percaya kepada segala pekerjaan yang dilakukanNya, karena segalanya hanya dapat dilakukan bila Bapa ada dalam diriNya; dan itulah yang disadari sungguh oleh Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi, seorang yang tahu banyak tentang Kitab Suci, katanya: 'Guru, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya' (Yoh 3: 2). Yesus pun malah menambahkan:  'Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu'. Suatu peneguhan yang amat menjanjikan bagi orang-orang yang percaya kepadaNya. Bagaimana pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar itu terjadi secara nyata? Tidak ada definisi lebih lanjut memang, tetapi kiranya semuanya itu menjadi penegasan bahwa kita dapat melakukan segela yang indah dan baik adanya bagi sesama, yang sebelumnya tidak dapat kita perkirakan, bila kita memang percaya kepadaNya. Bagaimanakah dengan mereka yang percaya dan kini harus tergeletak sakit? Bagaimana kita mampu memamahi sabda dan kehendakNya tadi?

'Apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya'. Yesus pun juga memberikan jaminan bagi setiap orang dalam memanjatkan permohonan kepadaNya. Semuanya akan mendapatkan perhatian daripadaNya, sebab Dia hanya melakukan kehendak Bapa yang mengutusNya, dan Bapa pun telah memberikan segala kuasa yang di bumi dan di langit dalam tanganNya yang kudus.

 

 

 

Oratio

Ya Bapa di surga, bantulah kami dengan terang Roh KudusMu agar kami semakin hari semakin percaya kepada Yesus PuteraMu. Dia telah datang ke tengah-tengah kami. Dia menyapa kami. Dia memberi salam kepada kami. Dia makan semeja dengan kami. Ajari kami Bapa untuk merasakan kehadiranNya yang membahagiakan.

Santo Athanasius, doakanlah kami. Amin.

 

 

 

Contemplatio

'Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya'.

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening