Sabtu dalam Pekan Paskah V, 9 Mei 2015

Kis 16: 1-10  +  Mzm 100  +  Yoh 15: 18-21

 

 

 

Lectio

Suatu hari bersabdalah Yesus: 'jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.  Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.  Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku'.

 

 

 

Meditatio

'Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu' tegas Yesus kepada para muridNya. Sebagaimana Yesus yang kelak akan memanggul salib, dan setiap orang juga diajak untuk berani memanggul salibnya masing-masing, demikian perlawanan dan tantangan akan terus dihadapi para murid sebagaimana yang diterima Yesus sendiri. Sang Guru malah mendahului para murid dalam menerima semuanya itu.  'Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya, tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu'. Salib dan pertentangan memang akan diterima oleh para murid, karena kepercayaan dan kemauan mereka untuk menerima Kristus Tuhan. Kepercayaan kita kepada sang Empunya kehidupan membuat kita bukan lagi menjadi milik dunia, melainkan milik Kristus sendiri. Berkat kepercayaan kepada Kristus Tuhan, tak ada orang yang hidup bagi dirinya sendiri, demikian juga mati bagi dirinya sendiri. Kalau kita hidup, hidup bagi Tuhan, dan kalau kita mati, kita mati bagi Tuhan pula (Rom 14).

'Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya', tegas Yesus. Maka,  'jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu'. Kalau tuannya saja mengalami penderaan, maka tentunya para muridNya akan mengalami hal yang sama, walau tak seberat salib yang diterimaNya. 'Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku', tegas Yesus sedikit menghibur para muridNya. Kalau sang Guru mereka saja mendapatkan penganiayaan dan penderaan, tentunya para murid, orang-orang yang percaya kepadaNya. Kepercayaan mereka kepada sang Guru berarti dukungan terhadap sang Guru, yang berarti perlawanan terhadap mereka yang sebelumnya telah melawan sang Guru. Sebaliknya demikian juga,  'jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu'. Maka tinggallah selalu dalam kasihKu, supaya mereka semakin menyadari, bahwasannya 'barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku' (Yoh 13: 20).

 

 

 

Oratio

YaYesus Kristus, dampingilah kami anak-anakMu ketika harus menghadapi pelbagai tantangan, agar kami tetap teguh dan setia kepadaMu dalam tugas panggilan kami masing-masing. Amin

 

 

 

Contemplatio

'Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu'.

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening