Kamis dalam Pekan Biasa XV, 16 Juli 2015


Kel 3: 13-20  +  Mzm 105  +  Mat 11: 28-30





Lectio

Kata Yesus kepada orang-orang yang mendengarkanNya: 'marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan'.





Meditatio

'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu', kata Yesus kepada mereka semua. Kalau Bapa saja menaruh perhatian kepada mereka yang kecil, maka demikian juga  Yesus mengundang mereka datang kepadaNya. Yesus mengundang mereka, dan hendak memberikan kelegaan. Kelegaan yang bagaimana? Tentunya kelegaan yang sungguh-sungguh berbeda dengan yang diberikan oleh dunia, sebagaimana damai yang diberikanNya (Yoh 14).

'Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan', tegas Yesus. Kuk yang bagaimana yang hendak diberikanNya, tidak diterangkanNya; yang jelas  'kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan'. Kalau beban kita dalam hidup ini terasa begitu berat, apakah ada yang salah dalam hidup ini? Kuk yang mana yang begitu ringan yang diberikanNya? Bukankah Yesus sendiri pernah mengatakan kita harus berani memanggul salib dan mengikuti Dia; dan bukankah ini semua tersirat bahwa kuk yang kita panggul juga tetap berat adanya? Bukankah Dia mengajak kita untuk berdoa untuk mereka yang menganiaya kita, dan ini merupakan tugas perutusan yang tidak ringan? Kuk yang diberikanNya kepada kita begitu enak dan ringan karena memang menghantar kita kepada keselamatan. Manakah yang lebih ringan untuk mengatakan bangun dan berjalan atau dosamu sudah diampuni? Semuanya ini tentunya ringan bagi Yesus, tidak ada yang berat bagiNya. Semuanya dikerjakan demi keselamatan kita bersama. Kuk yang diberikan benar-benar enak karena memang memberi kesukaan jiwa dan hati, yang mengantar kita kepada keselamatan; dan memang bukankah kemauan hati semua orang untuk selamat. Keberanian kita memanggul kuk yang diberikanNya akan membuat kita lega dan penuh sukacita.





Oratio

Ya Yesus yang baik, ajarilah kami untuk berani mengamini sabda dan kehendakMu, sebab memang hanya dalam Engkaulah kami beroleh selamat. Ajarilah kami memikul kuk yang Engkau berikan kepada kami; berat secara insani memang tetapi menghantar kami kepada keselamatan kekal. 

Ya santa Maria, ajarilah kami meneladani engkau dalam mengikuti Kristusuteremu. Sebab hanya dalam Dialah, kita semua beroleh selamat. Amin.





Contemplatio

'Kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan'










Oremus Inter Nos, 
Marilah kita saling mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa XXX, 26 Oktober 2010

Selasa dalam Pekan Paskah VI, 30 Mei 2017

Sabtu Hening